Zelensky Disebut 'Ngambek' ke Israel, Mau Dukung Palestina! | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan antara Ukraina dan Israel memanas. Bahkan, Kyiv dilaporkan telah meloloskan resolusi pro-Palestina di forum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Dalam laporan media Axios pada Sabtu, (31/12/2022), Perdana Menteri (PM) baru Israel Benjamin Netanyahu disebutkan telah meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk memberikan bunyi menentang alias abstain dari pemungutan bunyi Majelis Umum PBB nan meminta Mahkamah Internasional mengeluarkan pendapat norma tentang pendudukan Israel atas daerah Palestina.

Namun, di sisi lain, Zelensky meminta Netanyahu untuk memberikan support persenjataan ke negaranya. Ini dilakukan tatkala Ukraina tetap bertempur dengan Rusia.

Karena merasa tidak menerima komitmen tegas apa pun dari Netanyahu terkait senjata, Ukraina menolak untuk memberikan bunyi menentang alias abstain. Seorang pejabat Ukraina mengeklaim keputusan itu dibuat "untuk memberi kesempatan pada hubungan dengan Netanyahu".

"Sementara Netanyahu diduga mengatakan dia siap untuk membahas permintaan Zelensky di masa depan, PM Israel berakhir membikin komitmen tegas," tulis media itu nan dikutip Russia Today, Senin (2/1/2023).

Kantor Netanyahu mengonfirmasi kepada Axios bahwa panggilan telepon itu terjadi, tetapi menolak untuk memberikan perincian mengenai isinya.

Resolusi PBB diadopsi pada hari Jumat dengan support 87 negara. Sebanyak 26 negara memberikan bunyi menentang, dan 53 abstain.

Pada awal November, Menteri Pertahanan Israel saat itu Benny Gantz menjelaskan bahwa negara tersebut tidak dapat memasok sistem pertahanan udara Iron Dome ke Ukraina lantaran 'tidak mempunyai pedoman produksi nan cukup besar' untuk memenuhi pasar ekspor serta kebutuhannya sendiri.

Kyiv berulang kali meminta support militer dari Israel, dengan penekanan unik pada pertahanan udara. Pejabat Ukraina mengatakan senjata itu bakal sangat membantu dalam upaya negara itu untuk melawan apa nan diyakini sebagai drone Iran nan dikerahkan oleh Moskow.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Kejam! Serangan Israel Makan Korban Lagi, 5 Bocah Tewas


(luc/luc)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas