Xi Jinping: PDB China Capai 120 Triliun Yuan, Terbesar Kedua di Dunia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Suara.com - Presiden China Xi Jinping mengatakan, produk domestik bruto (PDB) negara yang ia pimpin capai 120 triliun yuan sepanjang tahun 2022.

"Perekonomian China masih terbesar kedua di dunia dan masih terus membangun," kata dia dalam pidato menyambut Tahun Baru 2023 di Beijing, Sabtu (31/12/2022).

Ia menjelaskan sejumlah contoh menguatnya perekonomian seperti sejumlah zona percontohan perdagangan bebas dan Pelabuhan Perdagangan Bebas (FTP) Hainan telah berkembang pesat, programme inovatif di wilayah pesisir, percepatan pembangunan di wilayah tengah dan barat, programme revitalisasi di timurlaut, dan pembangunan besar-besaran di perbatasan untuk menciptakan kemakmuran masyarakat.

Menurut Xi, selama rakyat China tetap percaya diri dan berusaha untuk maju, maka semua tujuan pembangunan nasional akan tercapai.

Baca Juga: Drama Baru Liu Yifei dan Li Xian Tayang Awal Januari 2023, Ini Sinopsisnya

"Pada kunjungan saya ke Hong Kong awal tahun ini, saya sangat senang melihat bahwa Hong Kong telah memulihkan ketertiban dan bersiap untuk membangun lagi. Dengan penerapan 'Satu Negara, Dua Sistem', Hong Kong dan Makau pasti akan menikmati kemakmuran dan stabilitas jangka panjang," kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Ia mengklaim, meski kini dunia terancam krisis, negaranya masih bisa melakukan panen raya selama 19 tahun berturut-turut sehingga ketersediaan pangan untuk rakyat tetap terjamin.

Pemerintahan China telah mengonsolidasikan pencapaian pengentasan kemiskinan, revitalisasi perdesaan secara menyeluruh, serta mengeluarkan kebijakan pemotongan pajak dan biaya lain untuk meringankan beban pebisnis, dan melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi kesulitan rakyatnya.

Sejak pandemi COVID-19 melanda, pemerintahannya memilih kebijakan dengan mengutamakan keselamatan jiwa rakyatnya.

"Kini kita telah memasuki fase baru tanggap COVID-19 dan tantangan berat tetap ada. Setiap orang bertahan dengan penuh kesabaran. Cahaya harapan ada tepat di depan kita. Mari kita bekerja keras untuk melewatinya karena ketekunan dan solidaritas akan berbuah kemenangan," kata Sekretaris Jenderal CPC tiga periode itu.

Baca Juga: Ekonomi Sulit usai Ditinggal RD? Denise Chariesta Tak Bisa Gaji Karyawan

Xi merasa bangga kepada rakyatnya yang masih sibuk bekerja hingga saat ini.

Selengkapnya
Sumber Berita Terbaru - Trending 2023
Berita Terbaru - Trending 2023
Atas