Top! 19 Ton Kopi Robusta RI 'Terbang' Sampai ke Mesir

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kopi robusta asal Subang diekspor sebanyak 19,2 ton ke Mesir. Pelepasan ekspor Desa Devisa Kopi Subang melalui Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah ini dilakukan pada 15 Desember lalu.

Program Desa Devisa sendiri merupakan program pendampingan nan dipelopori oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank berbasis community development. Program bermaksud untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat lokal dan mengembangkan komoditas unggulan desa.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Gerald Grisanto mengatakan, ekspor ini merupakan kali kedua nan telah dilakukan oleh Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah. Ia menambahkan, sejak pendampingan dan training nan telah diberikan LPEI kepada para petani kopi Subang, jumlah pendapatan desa meningkat sebesar 60% dari sebelumnya.

"LPEI sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI terus membuka lebar potensi ekspor komoditas unggulan daerah melalui program Desa Devisa. Melalui program ini, kami berkomitmen mewujudkan ekosistem ekspor nan berkepanjangan hingga menciptakan kepastian hasil panen bagi petani," kata Gerald, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2022).

Gerald berharap, program Desa Devisa ini dapat meningkatkan kesejahteraan
warga desa dan memperkuat kualitas dan jumlah serta daya saing komoditas nan sesuai dengan standar ekspor sehingga dapat terus eksis di tingkat global.

Selain kopi robusta, desa ini mempunyai komoditi unggulan lain, ialah kopi arabika nan juga telah sukses diekspor sebanyak 18 ton ke Arab Saudi tahun 2021 lalu. Adapun komoditas kopi ini dibudidayakan oleh 208 petani, di bawah naungan Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah nan tersebar di 6 desa, ialah Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti, dan Pasanggrahan.

Selengkapnya
Sumber Berita Keuangan Update
Berita Keuangan Update
Atas