Tok! Proyek Kereta Cepat Bengkak, Negara Talangi KAI Rp 3,2 T | Drafmedia.com

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - PT KAI (Persero) mendapatkan kuciran biaya segar dari pemerintah berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3,2 triliun untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Dana PMN bakal digunakan sebagai tambahan setoran modal kepada PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) (porsi equity Konsorsium BUMN Indonesia) sebagai pemenuhan cost overrun proyek tersebut.

Tambahan biaya tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 62/2022 nan telah diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2022.

Penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 sebagaimana ditetapkan kembali dalam Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022.

Artinya, suntikan biaya PMN tersebut dapat untuk menambal pembengkakan biaya alias cost overrun megaproyek kereta sigap Jakarta-Bandung. Hal itu sesuai dengan hasil Rapat Kerja Kementerian BUMN dan Komisi VI DPR pada November 2022 lalu.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ini Mimpi Erick Persatukan Kereta Cepat dengan MRT, LRT Dkk


(RCI/dhf)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas