Tepat Jam 00:00 di 2023, PHR Bor Perdana Sumur Duri Field

Tepat Jam 00:00 di 2023, PHR Bor Perdana Sumur Duri Field

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Proses produksi minyak di Blok Minyak Rokan nan dioperasikan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Lokasi sumur HO 5G-0108B Duri Field  Kabupaten Bengkalis, Riau Jumat (30/12/2022). (CNBC Indonesia/Verda Nano Setiawan) Foto: Proses produksi minyak di Blok Minyak Rokan nan dioperasikan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Lokasi sumur HO 5G-0108B Duri Field Kabupaten Bengkalis, Riau Jumat (30/12/2022). (CNBC Indonesia/Verda Nano Setiawan)

Duri, CNBC Indonesia - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengawali tahun baru 2023 dengan melakukan pengeboran sumur perdana di Blok Rokan ialah Sumur Duri Field Rig ACS-19 area 5G-0804B, Duri, Kabupaten Bengkalis. Adapun kegiatan tersebut dilakukan tepat pada pergantian tahun ke 2023.

Sejak alih kelola Blok Rokan pada 9 Agustus 2021, PHR telah melakukan penambahan sumur sebanyak lebih dari 400 sumur. Kinerja pengeboran dan perawatan sumur nan masif itu pun mendapatkan penghargaan dari museum rekor Indonesia (MURI) sebagai daerah kerja (WK) dengan pengeboran sumur pengembangan dan perawatan sumur terbanyak dalam periode satu tahun.

Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin optimistis keahlian PHR 2023 bakal lebih baik. Utamanya guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan daya nasional.

"Tahun depan regional satu penambahan jumlah sumurnya signifikan 592. Ini kita di regional satu terus meningkatkan jumlah sumur untuk meningkatkan produksi. Jumlah sumur terbanyak tetap di Blok Rokan," ungkap Jaffe di Sumur Duri Field Rig ACS-19 area 5G-0804B, Duri, Minggu (1/1/2023) pukul 00.00 WIB.

Sementara itu, Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti mengatakan Blok Rokan merupakan salah satu tulang punggung daya nasional nan telah berkontribusi bagi negeri sejak produksi pertamanya di tahun 1951. Hingga tutup tahun, PHR sukses mencatatkan lifting mencapai grand total 57,3 juta barel, ini menjadikan PHR sebagai salah satu produsen minyak bumi terbesar di Indonesia.

"Upaya nan dilakukan PHR sejalan dengan sasaran pemerintah untuk mencapai sasaran produksi 1 juta barel minyak per hari (bopd) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (Bscfd)," kata Shinta.

Adapun, pada kegiatan ini juga digelar makan berbareng dengan 5000 pegawai dan mitra kerja nan bekerja di malam tahun baru.

Ia juga menyampaikan rasa syukur, apresiasi dan terima kasihnya terhadap support dari SKK Migas, Kementerian ESDM, Pemprov Riau, Pemerintah Kabupaten/kota dan para pemangku kepentingan lain nan telah mendukung kelancaran operasi migas di Blok Rokan.

Sumur Duri Field area 5G-0804B nan terletak di Duri, Kabupaten Bengkalis itu merupakan salah satu sumur pertama nan ditajak menggunakan Rig ACS-19 dengan sasaran perkiraan waktu penyelesaian 15 sampai 20 hari. Kecepatan dan kecermatan kerja ini merupakan salah satu kekuatan nan dimiliki PHR dalam mengoperasikan daerah kerja terbesar di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Capaian Blok Rokan Pascaalih Kelola, Produksi 161 Ribu BOPD


(pgr/pgr)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas