Studi: Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Stroke di Usia Muda | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah studi pada 2022 menemukan bahwa orang dengan golongan darah A lebih mungkin terkena stroke awal alias sebelum usia 60 tahun. Ini berbeda dibandingkan dengan orang dengan golongan darah lain.

Studi nan diterbitkan di jurnal Neurology ini mengumpulkan informasi dari 48 studi nan mengawasi 17.000 pasien stroke dan nyaris 600.000 orang sehat alias belum pernah mengalami stroke. Semua peserta berumur antara 18 hingga 59 tahun.

Pencarian di seluruh genom mengungkapkan dua titik nan sangat terkait dengan akibat stroke sebelumnya. Satu bertepatan dengan tempat di mana gen untuk golongan darah berada.

Penelitian itu menunjukkan mereka nan mempunyai golongan darah A mempunyai akibat terkena stroke awal lebih tinggi sebanyak 16 persen dibandingkan golongan darah lainnya. Sedangkan untuk pemilik golongan darah O mempunyai akibat 12 persen lebih rendah.

Namun, para peneliti mencatat bahwa akibat tambahan stroke pada orang dengan darah jenis A kecil, sehingga tidak perlu cemas berlebihan.

"Kami tetap belum tahu kenapa golongan darah A memberikan akibat [stroke] nan lebih tinggi," kata penulis senior dan mahir saraf vaskular Steven Kittner dari University of Maryland dalam sebuah pernyataan tahun 2022.

Kittner berpendapat, kemungkinan perihal ini terjadi lantaran aspek pembekuan darah seperti trombosit dan sel nan melapisi pembuluh darah serta protein sirkulasi lainnya. Semua perihal itu mempunyai peran krusial dalam proses pembekuan darah.

Secara umum, stroke terjadi lantaran adanya penumpukan timbunan lemak di arteri, proses ini disebut aterosklerosis.

Selain itu ada juga kemungkinan aspek lain nan mengakibatkan pembentukan gumpalan. Salah satu akibat stroke pada orang nan lebih muda sering terjadi lantaran genetik dan style hidup.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

5 'Penyakit Orang Tua' nan Kini Banyak Diderita Anak Muda


(hsy/hsy)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas