Sri Mulyani: 2023 Adalah Ujian dan UU PPSK Jadi 'Penyelamat' RI | Drafmedia.com

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Menteri Keuangan Sri Mulyani di kegiatan Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2023. (Tangkapan Layar Youtube) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani di kegiatan Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2023. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) bakal menjadi penyelamat sektor finansial Indonesia pada 2023.

"Untuk 2023, penekanan untuk integritas akuntabilitas dan kredibilitas bakal ditopang dengan penyelenggaraan UU PPSK nan sudah ditetapkan," jelas Sri Mulyani dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia 2023, Senin (2/1/2023).

Setelah melewati tahun nan sadis pada 2022, Sri Mulyani berharap, lewat UU PPSK Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) bakal melaksanakan tugasnya secara hati-hati dan bijaksana.

Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), diharapkan dapat menjalankan secara konsisten dalam membangun fondasi sektor finansial nan kuat, stabil, kredibel, akuntabel, dan dipercaya.

"Ini adalah tugas nan tidak mudah, namun kudu dilakukan. Ini juga merupakan tugas untuk menggapai potensi capital market nan begitu sangat besar di Indonesia," tutur Sri Mulyani.

Tahun 2023 disebut Sri Mulyani sebagai tahun ujian. Pemerintah dan otoritas kudu berjibaku dalam menghadapi inflasi global, mencegah resesi, dan meningkatkan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Lewat UU PPSK, nan terpenting adalah gimana akses jasa finansial diperluas. Sumber pembiayaan jangka panjang untuk pembangunan terutama prasarana juga perlu ditingkatkan.

Selain itu, Sri Mulyani juga berambisi daya saing dan efisiensi bursa perlu ditingkatkan, dan juga sektor finansial dan peningkatan instrumen, serta regulasi di dalam mitigasi akibat dan meningkatkan perlindungan konsumen.

"Dengan adanya angan nan begitu besar kita berambisi bahwa seluruh pemangku kepentingan, termasuk dalam perihal ini KSSK bakal terus bekerja di dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional khususnya sektor keuangan," jelas Sri Mulyani.

"Penerapan prinsip aktivitas, akibat dan regulasi nan setara menjadi sangat penting," ujar Sri Mulyani lagi.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Kilat! Naskah RUU PPSK Disepakati Sri Mulyani Cs Hari Ini


(cap/cap)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas