RI Punya Target Turunkan Emisi Karbon, Wapres Harapkan Perusahaan Jadi Agen Perubahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap semakin banyak perusahaan yang menjadi agen perubahan dalam pengelolaan lingkungan. Ma'ruf mengatakan, Pemerintah membutuhkan aksi nyata dunia usaha dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan berkelanjutan.

Ini disampaikan Ma'ruf saat menyerahkan penganugerahan Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2022.

"Saya berharap, makin banyak perusahaan yang akan menjadi “Agen Perubahan”, utamanya dengan melibatkan para pemangku kepentingan untuk ikut menjaga lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan," ujar Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta Kamis (29/12/2022).

Ma'ruf mengatakan, Pemerintah juga menargetkan penurunan emisi Indonesia dalam Enhanced Nationally Determined Contributions menjadi 31,89 persen dan 43,20 persen dengan dukungan internasional di tahun 2030 yang didasarkan pada sejumlah kebijakan nasional.

Baca Juga: Video Ma'ruf Amin Pakai Kostum Sinterklas dan Ucapkan Selamat Natal Beredar di Medsos, Ternyata Faktanya?

Salah satu BUMN yang menerima PROPER Tahun 2022 adalah PT Semen Indonesia Tbk (SIG) yang berhasil meraih delapan penghargaan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan) Tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, meliputi satu Peringkat Emas dan tujuh Peringkat Hijau.

Satu pabrik SIG yang berhasil meraih penghargaan PROPER Emas yakni Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Cilacap, Jawa Tengah.

Selain kategori emas, tujuh pabrik SIG lainnya yang menerima penghargaan PROPER Hijau adalah Pabrik Tuban (SIG), Pabrik Indarung (PT Semen Padang), Pabrik Pangkep (PT Semen Tonasa), Pabrik Rembang (PT Semen Gresik), Pabrik SBI yang berada di Narogong dan Tuban, serta Pabrik Lhoknga yang dioperasikan oleh PT Solusi Bangun Andalas.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, prestasi ini melengkapi capaian SIG sepanjang tahun 2022 yang menjadi pengakuan atas bukti komitmen dan konsistensi Perusahaan dalam penerapan prinsip greenish manufacture sejalan dengan visi dan sustainability strategy yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.

“SIG bangga menjadi satu-satunya perusahaan di industri semen yang meraih penghargaan PROPER Peringkat Emas yang menjadi bukti keseriusan Perusahaan dalam menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan. Pencapaian ini semakin memacu SIG untuk terus meningkatkan operasional yang berwawasan lingkungan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) guna menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk generasi saat ini dan yang akan datang,” kata Vita Mahreyni dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Video Wapres Maruf Amin Pakai Baju Sinterklas Ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru Bikin Geger, Benarkah?

Bagi SIG, pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan adalah pertumbuhan yang bertanggung jawab bagi semua pemangku kepentingan yang dicapai dengan penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) dalam startegi bisnis usaha.

Selengkapnya
Sumber Berita Terbaru - Trending 2023
Berita Terbaru - Trending 2023
Atas