Resolusi Presdir BCA di 2023: Jangan Resesi! | Drafmedia.com

Resolusi Presdir BCA di 2023: Jangan Resesi! | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Dunia resmi memasuki tahun nan baru, tahun nan disebut-sebut bakal dirundung awan gelap. Banyak pihak mengeluarkan proyeksi tentang ekonomi dunia di 2023 nan bakal diselimuti resesi.

Proyeksi itu rupanya juga menjadi perhatian Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. Bahkan terkait resesi menjadi salah satu resolusinya.

Jahja mengaku berambisi 2023 tidak terjadi resesi. Dia juga berambisi kondisi politik juga stabil.

"Jangan resesi dan politik stabil," jawabnya ketika ditanya detikcom terkait resolusinya di 2023, Minggu (1/1/2022).

Sekadar informasi, beragam pihak telah mengeluarkan prediksi terkait kondisi ekonomi dunia di 2023, salah satunya OECD.

OECD memprediksi pertumbuhan ekonomi bumi berada di bawah 3,1%, nomor ini lebih rendah dibandingkan perkiraan sebelumnya. Dalam proyeksinya pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 2,2% tahun depan dan 2,7% pada tahun 2022.

Eropa bakal menjadi negara nan mendapat tekanan berat. Apalagi dengan pecahnya perang Rusia dan Ukraina turut mengganggu kegiatan upaya dan mendorong naiknya nilai energi.

Dia menjelaskan perekonomian di 19 negara area euro bakal tumbuh 3,3% tahun ini. Lalu tahun depan diprediksi melambat menjadi 0,5% dan 1,4% pada 2024.

OECD memperkirakan kontraksi ekonomi bakal terjadi di Jerman hingga 0,3%. Jerman merupakan negara nan ekonominya ditopang oleh ekspor ke Rusia.

(das/dna)

Selengkapnya
Sumber Berita Keuangan Update
Berita Keuangan Update
Atas