Ramalan 10 Lembaga Asing: Dunia 2023 Suram, Negara Maju Jatuh | Drafmedia.com

Ramalan 10 Lembaga Asing: Dunia 2023 Suram, Negara Maju Jatuh | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Prospek ekonomi bumi pada 2023 tampak suram. Banyak lembaga internasional nan memproyeksikan bumi bakal dihiasi 'awan gelap' lantaran adanya beragam gejolak perekonomian.

Dunia bakal menghadapi situasi nan tidak mudah di tahun depan. Pasar dunia bakal memperhitungkan perdagangan dan pertumbuhan nan melambat, serta tingkat inflasi dan suku kembang nan tetap tinggi.

Negara maju nan menjadi penyokong terbesar dari ekonomi dunia, apalagi diproyeksikan bakal masuk ke lembah resesi di tahun depan.

Hampir semua lembaga internasional pun sepakat, bahwa 2023 adalah tahun nan sulit. Sehingga semua negara kudu waspada.

Karena apapun nan terjadi di negara maju, otomatis juga bakal mempengaruhi ekonomi di sekitarnya, terutama negara-negara berkembang alias emerging market, apalagi negara rentan/miskin.

Suku kembang nan tinggi dan kemerosotan mata uang, berisiko meningkatkan beban biaya pelunasan utang oleh negara miskin. Hal ini sudah diperingatkan oleh dua lembaga besar seperti IMF dan World Bank.

CNBC Indonesia telah merangkum proyeksi ekonomi dunia dari setidaknya 10 lembaga internasional.

Ke-10 lembaga internasional tersebut diantaranya International Monetary Fund (IMF), World Bank, OECD, HSBC, Citi, Barclays, JP Morgan, Goldman Sachs, Asian Development Bank, UOB, Deutsche Bank, dan S&P Global Market Intelligence.

Hampir semua sepakat bahwa, ekonomi di negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Inggris bakal menjadi negara nan paling bergejolak. Sementara Asia bakal menjadi ahli selamat dari terpuruknya ekonomi dunia di tahun ini.

Secara keseluruhan, 10 lembaga internasional tersebut memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia di tahun 2023 secara tahunan (year on year/yoy) bakal berada pada kisaran 1,7% hingga 2,7%.

Amerika Serikat, Eropa & Inggris 'Dihantui' Resesi di 2023!

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas