Perppu Cipta Kerja Tetap Hapus Hak Libur Pekerja 2 Hari/Minggu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Perppu Cipta Kerja pada 30 Desember kemarin. Ada beberapa ketentuan nan diubah dalam perppu ini, salah satunya pada pasal 79 terkait waktu rehat dan cuti.

Ketentuan waktu libur memang menjadi salah satu kontroversi saat UU Cipta Kerja diterbitkan. Salah satu perihal nan menjadi polemik adalah terkait kewenangan libur untuk pekerja nan jadi hanya 1 hari dalam seminggu.

Dalam Perppu Cipta Kerja ketentuan pasal 79 diubah. Namun untuk kewenangan libur bagi pekerja tetap sama ialah hanya 1 hari dalam 1 minggu.

Ketentuan itu tertuang dalam pasal 79 ayat 2 huruf b nan bersuara sebagai berikut:

Waktu rehat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a wajib diberikan kepada Pekerja/Buruh paling sedikit meliputi:
a. rehat antara jam kerja, paling sedikit separuh jam setelah bekerja selama 4 (empat) jam terus-menerus, dan waktu rehat tersebut tidak termasuk jam kerja; dan
b. rehat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

Ketentuan ini berbeda dalam ketentuan kewenangan libur pekerja alias pekerja nan tertuang dalam Pasal 79 UU Nomor 13 Tahun 2003 nan menyatakan bahwa: istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu alias 2 (dua) hari untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

Selain itu dalam Perppu Cipta Kerja juga tidak membahas mengenai libur panjang dua bulan nan diberikan untuk pekerja nan telah bekerja selama 6 tahun berturut-turut.

Pada pasal 79 ayat 5 tetap menyebut adanya rehat panjang. Tapi tidak mengatur ketentuan teknisnya, hanya berasas kesepakatan dalam perjanjian kerja. Berikut bunyinya:

Selain waktu rehat dan libur sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat(2),dan ayat (3), Perusahaan tertentu dapat memberikan rehat panjang nan diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, alias Perjanjian Kerja Bersama.

(das/zlf)

Selengkapnya
Sumber Berita Keuangan Update
Berita Keuangan Update
Atas