Penting, Cara Sekolah Membentuk Siswa Berkarakter

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Penting, Cara Membentuk Siswa Berkarakter

Membentuk siswa berbudi pekerti adalah tugas pendidik di sekolah, lantaran itu ketahui caranya. Siswa berkarakter  adalah siswa nan mempunyai adab alias budi pekerti nan baik. Di sinilah peran pembimbing di sekolah untuk mendidik siswa agar lebih berkarakter. Namun perihal ini juga merupakan tantangan para pembimbing selain memberikan materi pelajaran.

Cara Membentuk Siswa Berkarakter

Pendidikan karakter merupakan pendidikan nan berangkaian dengan nilai, budi pekerti, moral, dan watak. Karena pentingnya pendidikan karakter, maka ini kudu ditanamkan sejak dini. Hal ini bisa dilakukan di sekolah. Sehingga bisa membangun dan menguatkan karakter bangsa. Berikut beberapa langkah untuk membentuk siswa agar berkarakter:

Guru Harus Menjadi Teladan

Cara pertama membentuk siswa berbudi pekerti adalah guru kudu senantiasa menjadi teladan nan baik bagi siswa-siswinya, baik dalam ucapan dan juga perilakunya. Kalau pembimbing berbicara hal-hal baik dan juga perilaku nan baik, maka bakal dijadikan contoh nan baik juga oleh para siswanya. Bahkan dengan upacan dan perilaku nan baik pada pembimbing bakal bisa membikin siswa mengedepankan akhlaknya, sehingga bisa membangun karakter siswa.

Menerapkan Program 3K

Untuk membentuk siswa agar berbudi pekerti sekolah dapat menerapkan program 3K (Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban). Dengan melaksanakan program ini, bakal tercipta budaya sekolah nan baik ditekankan dalam corak praktik. Contoh program 3K di sekolah nan sederhana adalah dengan mengadakan Jumat bersih, menyusun agenda piket kelas, apalagi juga dapat dengan mengadakan lomba kebersihan antar kelas.

Melalui Program Sekolah

Cara selanjutnya untuk membentuk siswa berbudi pekerti adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dengan beragam program sekolah. Hal ini berfaedah untuk terus menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa. Mengintegrasikan nilai-nilai karakter juga dapat pembimbing lakukan dalam pembelajaran di kelas dan bisa mengelola manajemen kelas.

Melalui Upacara Bendera

Untuk mendidik siswa agar berbudi pekerti adalah dengan melalui upacara bendera. Setiap hari Senin maupun hari besar nasional pastinya sekolahan selalu melaksanakan kegiatan upacara. Selain untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kegiatan ini tentu dapat menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa, lantaran kegiatan ini dilakukan dengan tertib dan juga hikmat.

Nilai-nilai dalam pendidikan karakter nan perlu ditanamkan kepada siswa di antaranya; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa mau tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan dan sosial. Tips penerapan pendidikan karakter bagi siswa di atas bisa menjadi refleksi guru.

Selengkapnya
Sumber Pendidikan
Pendidikan
Atas