Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Akan Dibuka, Cek Link-nya | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Suasana bursa kerja di Jakarta Job Fair gelombang ke-3 di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (12/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean kristianto) Foto: Suasana bursa kerja di Jakarta Job Fair gelombang ke-3 di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (12/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran Kartu Prakerja bakal kembali dibuka di 2023. Tahun ini, Kartu Prakerja bakal menambah besaran insentif nan diterima oleh peserta.

Namun demikian, seiring dengan melandainya kasus pandemi Covid-19, melakukan penyesuaian skema Kartu Prakerja dari semula semi support sosial (bansos) menjadi skema normal pada 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program Kartu Prakerja bakal lebih konsentrasi pada support peningkatan keahlian dan produktivitas angkatan kerja, berupa support biaya training secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam training skilling, reskilling, dan upskilling.

"Program Kartu Prakerja bakal lebih konsentrasi pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19," kata laki-laki nan juga menjabat sebagai Ketua Komite Cipta Kerja ini seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, dikutip Senin (2/1/2023).

Dengan penyelenggaraan skema normal itu, pemerintah turut menyesuaikan besaran support nan diterima peserta menjadi senilai Rp 4,2 juta per individu. Rincian berupa support biaya training Rp 3,5 juta, insentif pasca training Rp 600 ribu nan bakal diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Sebagai informasi, pada 2022, total support nan diberikan pemerintah dalam program Kartu Prakerja sebesar Rp 3,55 juta per peserta. Terdiri dari biaya training Rp1 juta, insentif setelah training Rp 2,4 juta nan diberikan sebanyak empat kali selama empat bulan (Rp 600 ribu per bulan), dan insentif survei Rp 150 ribu.

"Pemerintah bakal menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan sasaran 1,5 juta orang," ungkap Airlangga.

Selain itu, Airlangga juga mengungkapkan, pendaftaran Kartu Prakerja bakal diimplementasi secara online, offline, maupun bauran, serta memungkinkan bagi penerima support sosial dari kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, alias Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk dapat menerima faedah dari Program Kartu Prakerja.

Cara pendaftaran kartu prakerja

Pendaftaran kartu prakerja biasanyadilakukan lewat web prakerja.go.id.

Berikut langkah-langkah mendaftar Prakerja:

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Jangan lupa siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  • Masukkan informasi diri serta ikuti petunjuk nan tertera pada layar.
  • Siapkan pula kertas dan perangkat tulis. Ini untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar nan dilakukan secara online.
  • Tekan tombol 'Gabung'
  • Tunggu pengumuman peserta nan lolos gelombang di laman dashboard prakerja.go.id.

Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Simak langkah-langkah untuk memandang hasil pengumuman alias mengakses menu lain dalam dashboard.

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Masukkan alamat email dan password nan telah dibuat sebelumnya
  • Ketik nomor verifikasi nan muncul pada layar, klik 'Masuk'.
  • Setelah itu Anda telah masuk dalam dashboard prakerja. Di sana bakal bisa memandang gelombang nan sedang dibuka alias mengedit informasi akun di menu profil.

[Gambas:Video CNBC]

(dem)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas