'Pencabutan PPKM Bagian dari Transisi Pandemi ke Endemi' | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tidak ada patokan nan bakal mengatur kegiatan masyarakat ketika WHO memutuskan pandemi Covid-19 menjadi endemi. Justru nan terjadi patokan pembatasan untuk masyarakat bakal berkurang.

Menkes menjelaskan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan bagian dari transisi pendemi menjadi endemi. Di mana pemerintah mengurangi intervensi untuk meningkatkan partisipasi aktivitas masyarakat untuk pencegahan secara bertahap.

"Temen-temen lihat flu kan sudah endemi, gak ada intervensi pemerintah kudu pakai payung ketika hujan, kudu minum paracetamol ketika sakit. Atau demam berdarah ini juga endemi juga terus terjadi lantaran penularan virus gak selesai dalam dua tahun, itu bisa berpuluh tahun apalagi ratusan," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Sehingga pemerintah tidak lagi mengatur kegiatan masyarakat, nan ada hanya membangun aktivitas masyarakat untuk pencegahan.

"Implementasi strategi pandemi jadi endemi kita kurangi secara berjenjang intervensinya.. Jadi tidak ada rencana mengganti aturannya, justru kita kurangi," kata Budi Gunadi.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu memandang keimunan masyarakat sudah tinggi. Indonesia sekarang sudah punya intervensi medis ketika ada masyarakat nan terjangkit virus Covid - 19.

"Nah sekarang begitu keimunan tinggi, obatnya apa, vaksinasi sudah tahu, kita lepas aturannya nan membatasi masyarakat," katanya.

Namun perlu diketahui saat ini WHO tetap belum mencabut status pandemi Covid-19. Meski pemerintah sudah mencabut patokan PPKM pada 30 Desember 2022 lalu.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Covid Ngamuk di AS-Jepang, Menkes Ungkap Alasan RI Tetap Aman


(miq/miq)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas