Pemerintah Kasih Karpet Merah buat UMKM Biar Jadi Jagoan Ekspor, Caranya?

Pemerintah Kasih Karpet Merah buat UMKM Biar Jadi Jagoan Ekspor, Caranya?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas membujuk pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bekerja-sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas produk Indonesia. Tujuannya agar produk Indonesia semakin diterima di pasar internasional, khususnya pasar ekspor baru.

"Saya membujuk pelaku UMKM bekerja-sama dengan pemerintah, baik pusat dan daerah untuk mengembangkan produk Indonesia agar lebih berbobot dan bagus, baik dari sisi tampilan, desain, maupun kemasan. Tujuannya, agar produk Indonesia bisa menembus pasar internasional, khususnya pasar baru," kata Zulhas saat berjumpa 200 pelaku UMKM, Jumat (30/12) di Bandung melalui keterangannya, dikutip Sabtu (31/12/2022).

Zulhas menyampaikan, di tengah resesi di negara lain, ekonomi Indonesia tumbuh 5,72% pada triwulan III, termasuk tertinggi di dunia. Indonesia juga mengalami surplus perdagangan pada Januari-November 2022 sebesar US$50,59 miliar.

"Ini semua atas peran pelaku UMKM sebagai pahlawan ekonomi Indonesia. Pemerintah bekerja untuk mendukung dan melayani pelaku usaha, khususnya UMKM," ujar Zulhas.

Zulhas menguraikan, saat ini pasar tradisional tujuan ekspor Indonesia mengalami penurunan. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melakukan terobosan dengan meningkatkan penetrasi ke pasar ekspor baru, seperti di area Afrika, Timur Tengah, serta Asia Selatan. Pemerintah juga membuka 'jalan tol' dengan negara tujuan, khususnya pasar nontradisional di antaranya seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Chile, dan negara-negara ASEAN.

"Ini semua dilakukan agar produk pelaku UMKM bisa masuk ke negara-negara tersebut dengan mudah agar ekonomi tetap tumbuh," tandas Zulhas.

Selain itu, pelaku UMKM kudu meningkatkan keahlian dan wawasannya. Untuk Itu, Kemendag menyediakan training untuk meningkatkan ketrampilan para pelaku UMKM melalui training ekspor dan desain.

"Pelaku UMKM jika mau maju kudu berkembang dan kudu menekuni bagian nan diminati, diantaranya dengan mengikuti training dan pameran agar akses pasar semakin luas," imbuh Zulhas.

Zulhas meminta pelaku UMKM tetap optimis di tengah tantangan ekonomi dunia. "Di mana ada kesulitan pasti ada jalan. Sulit dan mudah tergantung kita. Sekali lagi, kita kudu meningkatkan kemampuan, apalagi untuk pelaku upaya nan mempunyai perubahan nan sangat cepat," tutup Zulhas.

Pada pertemuan ini, Zulhas juga berbincang dengan beberapa pelaku UMKM. Salah satu pelaku UMKM berambisi pemerintah menyiapkan pameran produk legal di negara nan mempunyai perwakilan di luar negeri. Pelaku UMKM lainnya berambisi adanya support untuk proses pengiriman ke negara tujuan. Selain itu, salah satu pelaku UMKM mengusulkan adanya pameran nan mendatangkan perusahaan luar negeri nan mempunyai perwakilan di Indonesia.

(ara/ara)

Selengkapnya
Sumber Berita Keuangan Update
Berita Keuangan Update
Atas