Paus Benediktus XVI Dimata Putin, Rishi Sunak Hingga Macron

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Paus Benediktus XVI dikabarkan meninggal bumi pada Sabtu (31/12/2022) diusianya nan ke 95 tahun. Berpulangnya Paus Emeritus Benediktus itu turut membikin duka nan mendalam bagi pimpinan-pimpinan negara dunia.

Sebagai contohnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin. Ia mengenang Paus Emeritus itu dengan mengatakan bahwa Paus Benediktus merupakan sang pembela nilai-nilai Kristen tradisional.

"Benediktus XVI adalah seorang tokoh kepercayaan dan negara terkemuka, seorang pembela nilai-nilai Kristen tradisional nan yakin," tulis Putin dalam pesan belasungkawa kepada Paus Francis, nan dirilis oleh Kremlin, Sabtu (31/12/2022).

Tak hanya Putin, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengucapkan bela sungkawa. Dia cukup 'sedih' dengan kepergian Paus Benediktus XVI pada usia 95 tahun. Rishi Sunak menyebut bahwa, Paus Benediktus merupakan "teolog hebat".

"Saya sedih mengetahui kematian Paus Emeritus Benediktus XVI," cuit Sunak. "Dia adalah seorang teolog dahsyat nan kunjungannya ke Inggris pada tahun 2010 merupakan momen berhistoris baik bagi umat Katolik maupun non-Katolik di seluruh negara kita."

Kanselir Jerman Olaf Scholz juga memberikan penghormatan kepada mantan paus Benediktus XVI. "Sebagai seorang paus 'Jerman', Benediktus XVI adalah seorang pemimpin gereja nan spesial bagi banyak orang, bukan hanya negara ini," tulis Scholz di Twitter.

"Dunia telah kehilangan sosok formatif Gereja Katolik, kepribadian argumentatif, dan teolog nan cerdas."

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni pada Sabtu memuji mantan Paus Benediktus XVI sebagai "raksasa ketaatan dan nalar" setelah kematiannya pada usia 95 tahun.

Dia mengatakan dia telah memberi tahu Paus Francis saat ini bahwa dia dan pemerintahnya berbagi rasa sakitnya atas meninggalnya "seorang Kristen, seorang pendeta, seorang teolog, seorang tokoh besar dalam sejarah, nan tidak bakal pernah dilupakan sejarah".

Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan penghormatan kepada mantan paus Benediktus XVI setelah dia meninggal pada usia 95 tahun pada hari Sabtu, memuji dia atas karyanya menuju "dunia nan lebih bersaudara".

"Pikiran saya berbareng umat Katolik Prancis dan dunia, bersungkawa atas kepergian Yang Mulia Benediktus XVI, nan berjuang dengan jiwa dan kepintaran untuk bumi nan lebih bersaudara," tulis Macron di Twitter.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas