Pak Jokowi, Ini Kunci Agar Ekonomi 2023 Tumbuh di Atas 5% | Drafmedia.com

Pak Jokowi, Ini Kunci Agar Ekonomi 2023 Tumbuh di Atas 5% | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan tahun 2014-2016 Bambang P.S Brodjonegoro memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia pada tahun depan bisa tumbuh sedikit di bawah 5%.

Namun, dia menilai pertumbuhan tersebut tetap bisa digenjot. Salah satunya adalah dengan mengupayakan agar investasi bisa tumbuh sebesar 6%.

"Pertumbuhan ekonomi kita 5% alias sedikit di bawah 5%. Tetapi andaikan ada upaya pemerintah di sisi investasi dalam artian mendorong investasi tumbuh 6% alias apalagi 7%. Barangkali itu bisa sedikit mengangkat pertumbuhan ekonomi agar bisa tetap di atas 5%," kata Bambang dalam program Profit, CNBC Indonesia TV, Senin (2/1/2023).

Menurutnya, upaya mendatangkan investasi, dalam perihal ini foreign direct investasi (FDI) adalah kunci utama. Langkah ini, kata Bambang, kudu dilakukan jika pertumbuhan Indonesia hanya mengikuti tren konsumsi rumah tangga, maka 5% itu menjadi pemisah maksimal.

Tetapi, jika tetap ada upaya mendorong investasi di tengah rezim tingkat suku kembang tinggi, Indonesia setidaknya mempunyai kemungkinan tumbuh di atas 5%.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya berambisi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5% pada tahun depan, meski sejumlah lembaga memperkirakan ekonomi domestik hanya tumbuh di kisaran 4%

"Saya memandang mau agar optimisme kembali di 2023, lantaran di tahun 2022 juga bukan tahun nan tidak mudah, sebelumnya juga jauh dari kemudahan sehingga kita harapkan di tahun 2023 ada optimisme lantaran PPKM sudah dicabut," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun depan berada di kisaran 5,1-5,3% dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo lebih pesimis di kisaran 4,7-5,5%.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Anti Resesi! Jokowi Patok Ekonomi RI Tumbuh 5,3% Tahun Depan


(haa/haa)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas