Muncul Israel di Balik Perang Rusia Ukraina

Muncul Israel di Balik Perang Rusia Ukraina

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Mantan perdana menteri Israel dan pemimpin partai Likud Benjamin Netanyahu berbincang kepada para pendukung, diapit oleh istrinya Sara, di markas kampanye di Yerusalem pada awal 2 November 2022. (AFP/RONALDO SCHEMIDT) Foto: Mantan perdana menteri Israel dan pemimpin partai Likud Benjamin Netanyahu berbincang kepada para pendukung, diapit oleh istrinya Sara, di markas kampanye di Yerusalem pada awal 2 November 2022. (AFP/RONALDO SCHEMIDT)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah bentrok memanas Rusia dan Ukraina, kedua negara ini mendadak sejalan. Usut punya usut, rupanya Israel memainkan peran dalam perihal ini.

Benjamin Netanyahu kembali mengisi bangku Perdana Menteri Israel. Netanyahu dilantik sebagai perdana menteri setelah bekerja sebagai oposisi pada Kamis (29/12/2022). Ia memimpin apa nan oleh para analis disebut sebagai pemerintahan paling kanan dalam sejarah Israel.

Dukungan atas kembalinya dia sebagai kepala pemerintahan Israel datang dari dua pemimpin negara, ialah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Putin menyambut baik kembalinya Netanyahu dan mengisyaratkan niat untuk memperkuat kerja sama nan konstruktif antara kedua negara.

"Saya berambisi pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Anda bakal melanjutkan garis penguatan kerja sama Rusia-Israel di semua bagian untuk kepentingan rakyat kami, demi memastikan perdamaian dan keamanan di Timur Tengah," kata Putin dalam sebuah pesan kepada Netanyahu, dikutip AFP, Jumat (30/12/2022).

"Di Rusia, kami sangat menghargai kontribusi pribadi dan jangka panjang Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan antara negara kami," lanjut Putin.

Lebih lanjut, Kementerian luar negeri Rusia mengatakan mereka siap untuk melakukan kerja sama konstruktif dengan Israel nan ditujukan untuk "menjernihkan suasana di Timur Tengah dan kancah internasional secara umum".

Selain Putin, Zelensky juga turut memberikan selamat dan mendoakan Netanyahu agar sukses menuju kesejahteraan dan keamanan Israel melalui akun Twitter-nya.

Soal kerja sama, Zelensky juga menyatakan kesiapannya dalam memperkuat kerja sama dengan Israel. "... Kesiapan Ukraina untuk kerja sama nan erat untuk memperkuat ikatan kita & menghadapi tantangan bersama, mencapai kemakmuran & kemenangan atas kejahatan," cuitnya.

Sebagaimana diketahui, setelah dimulainya serangan Rusia di Ukraina pada bulan Februari, Israel mengambil sikap hati-hati terhadap Moskow, berupaya untuk menjaga netralitas.

Israel secara unik menekankan hubungan unik antara kedua negara, lantaran Israel mempunyai lebih dari satu juta penduduk dari jejak Uni Soviet. Sehingga hingga sekarang Israel belum memberikan senjata ke Ukraina, meskipun Zelensky berulang kali meminta.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ukraina Rebut Kembali Wilayahnya, Rusia Balik Badan


(dem/dem)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas