'Mesin Uang' Rusia Mulai Macet, Gimana Mr Putin? | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekspor gas Rusia ke negara-negara di luar golongan jejak Uni Soviet ambruk 45,5% pada 2022. Hal itu terungkap dari informasi nan dirilis Gazprom, Senin (2/1/2023).

Gazprom mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ekspor di luar Commonwealth of Independent States (CIS) mencapai 100,9 miliar meter kubik dibandingkan dengan 185,1 miliar pada 2021.

Eropa sebelumnya merupakan pasar ekspor utama Gazprom, tetapi pasokan telah berkurang drastis lantaran hukuman menyusul serangan Rusia di Ukraina pada 2022.

CEO Gazprom Alexei Miller mengatakan perusahaan terus meningkatkan pasokan ke China selama tahun ini tetapi tidak memberikan rincian jumlahnya.

"Mulai 1 Januari kami berada pada level baru pasokan gas ke China," kata Miller dalam pernyataannya, dikutip AFP.

Presiden Rusia Vladimir Putin bulan lampau meresmikan ladang gas alam Kovykta di Siberia timur nan bakal memungkinkan Rusia meningkatkan ekspornya ke China.

Rusia tidak mempunyai jaringan pipa untuk mengangkut gas dari ladang gas Siberia Barat dan Arktik - nan melayani Eropa - ke China.

Namun, Rusia memulai upaya sekitar satu dasawarsa nan lampau untuk mengembangkan ladang baru dan membangun pipa Power of Siberia untuk dikirim ke pasar China nan berkembang pesat.

Pipa Power of Siberia pertama mulai beraksi dan mulai mengirimkan gas dari Siberia timur ke China pada akhir 2019. Moskow pun berencana membangun pipa Power of Siberia 2.

Pada sebuah konvensi minggu lalu, Miller mengakui bahwa Gazprom mengalami tahun nan "sangat, sangat sulit".

Miller mencatat "perubahan total di pasar energi" nan didorong oleh hukuman sebagai tanggapan atas keputusan Putin untuk mengirim pasukan ke Ukraina.

Gazprom menyumbang 11% dari produksi gas alam dunia dan mempunyai persediaan gas terbesar di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Senjata Ini Bikin Putin Pede Eropa Bakal "Bertekuk Lutut"


(luc/luc)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas