Mau Tahu Aturan Cipta Kerja Terbaru, Cek Link di Sini | Drafmedia.com

Mau Tahu Aturan Cipta Kerja Terbaru, Cek Link di Sini | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Cipta Kerja nan baru disahkan Presiden Joko Widodo pada akhir tahun lampau menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Di dalamnya terdapat beberapa pasal kontroversial, mulai dari tenaga alih daya (outsourcing), pekerja perjanjian hingga bayaran minimum.

Poin outsourcing dibahas dalam pasal 64 dalam Perpu itu. Sebelumnya, dalam UU Cipta Kerja nan telah dianggap Mahkamah Konstitusi inkonstitusional bersyarat dan telah menghapus pasal 64 sebagaimana tercantum dalam UU Ketenagakerjaan.

Adapun bunyi Pasal 64 terdapat perubahan dari Pasal 64 UU Ketenagakerjaan. Pada ayat 1 nya menjadi berbunyi, perusahaan dapat menyerahkan sebagian penyelenggaraan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian alih daya nan dibuat secara tertulis.

Ketentuan lebih lanjut mengenai penetapan sebagian penyelenggaraan pekerjaan alih daya alias outsourcing ini bakal diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP). Namun tidak ada lagi kalimat melalui perjanjian pemborongan pekerja alih daya itu.

"Pemerintah menetapkan sebagian penyelenggaraan pekerjaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)," dikutip dari ayat 2 Pasal 64 Perpu itu, Senin (2/1/2023).

Namun tentang penggunaan pegawai perjanjian dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Cipta Kerja tak mengalami perubahan dari ketentuan nan termuat dalam Undang-undang Cipta Kerja.

Ketentuan perjanjian kerja secara perjanjian alias perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) itu tertuang dalam Pasal 56 ayat 2. Pasal tersebut menetapkan PKWT didasarkan atas jangka waktu dan selesainya suatu pekerjaan tertentu.

"Perjanjian kerja waktu tertentu dibuat secara tertulis serta kudu menggunakan bahasa Indonesia dan huruf latin," tulis Pasal 57 ayat 1 Perpu Ciptaker seperti dikutip Senin (2/1/2022).

Aturan lain nan berangkaian dapat disimak di situs resmi Sekretariat Negara di link berikut


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Airlangga Ungkap Urgensi Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru


(hoi/hoi)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas