Lengkap, Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas 4 SD untuk E-Rapor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, pembimbing kelas 4 sudah pasti memahami apa itu CP dan TP. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran nan wajib dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi serta lingkup materi nan dibuat secara komprehensif dalam corak narasi. Capaian Pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 3 fase, ialah A, B, dan C.

Tujuan pembelajaran alias TP adalah penjelasan pencapaian tiga aspek kompetensi, ialah pengetahuan, keterampilan, dan sikap, nan diperoleh peserta didik dalam satu alias lebih kegiatan pembelajaran. TP dibuat dengan memperhatikan eviden alias bukti nan dapat diamati dan diukur pada peserta didik, sehingga peserta didik bisa dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam menyusun tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama, ialah kompetensi dan lingkup materi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan Sekolah Dasar. Aplikasi e-Rapor adalah pilihan bagi pembimbing dan satuan pendidikan sebagai perangkat bantu melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk dikomunikasikan kepada orang tua. e-Rapor diharapakan bisa memudahkan pembimbing dalam mengadministrasikan laporan hasil belajar peserta didik.

Contoh Kalimat CP dan TP Kelas 4 Sesuai e-Rapor

Mata Pelajaran : Matematika

Kalimat Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berangkaian dengan duit menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berangkaian dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkanantar-pecahan dengan penyebut nan sama (misalnya, 2 , 4 , 7 ). Mereka dapat mengenali pecahan 8 8 8 senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Kalimat Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Membaca bilangan cacah sampai 10.000

2. Menulis bilangan cacah sampai 10.000

3. Menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000

4. Membandingkan bilangan cacah sampai 10.000

5. Mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000

6. Menggunakan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000

7. Melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 10.000

8. Menyelesaikan masalah berangkaian dengan duit menggunakan ribuan 

9. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

10. melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika

11. menyelesaikan masalah berangkaian dengan kelipatan dan faktor

12. membandingkan dan mengurutkanantar-pecahan dengan penyebut nan sama

13. Mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika

14. menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal

15. Menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Download Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas 4 SD

Langkah pertama nan dilakukan pembimbing kelas 4 ketika menggunakan aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka adalah Input Tujuan Pembelajaran (TP). TP ini bakal menjadi dasar penyusunan deskripsi, untuk proses input cukup dilakukan oleh pembimbing kelas. Mata pelajaran kelas 4 SD ialah ; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan muatan lokal.

Selengkapnya Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan pembelajaran (TP) kelas 4 SD semua mata pelajaran dapat Anda download. CP dan TP untuk mengisi aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka ini berformat excel. Sebagai bahan referensi alias memudahkan pembimbing dalam mengadministrasikan laporan hasil belajar, Anda dapat mendownload CP dan TP kelas 4 SD komplit semua mata pelajaran melalui tautan berikut ini:

Aplikasi e-Rapor jenjang SD Kurikulum Merdeka terintegrasinya dengan sistem pada Dapodik. Guru kelas 4 kudu membikin dua rapor, ialah rapor intrakurikuler dan juga rapor P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Aplikasi e-rapor jenjang SD dan petunjuk manualnya bisa diunduh melalui laman 

ditpsd.kemdikbud.go.id

. Setelah mempunyai Tujuan Pembelajaran (TP), pembimbing tinggal menyiapkan hasil penilaian.

Selengkapnya
Sumber Pendidikan
Pendidikan
Atas