Lagi Viral, Ternyata Lato-lato Sudah Dijual dari November 2022 | Drafmedia.com

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Kepopuleran mainan lato-lato kian hari kian meningkat. Terlebih setelah lato-lato sempat dimainkan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Ternyata lato-lato ini sudah mulai dipasarkan sejak November 2022. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penjual grosir lato-lato di Gedung Biru Asemka, Jakarta Barat.

"Dari bulan 11, November. Awalnya belum pada tahu, jadi proses gitu sampai sekarang viral. Apalagi nan sekarang itu kan dimainin sama pak Presiden, itu langsung tambah viral lagi," ujar salah satu penjual grosir, Eliana kepada detikcom, Senin (2/1/2023).

Eliana sendiri sudah berdagang di Gedung Biru Asemka nyaris 1,5 tahun dan sudah menjual lato-lato sejak 2 bulan nan lalu. Dalam sehari, dia mengaku bisa menjual hingga 5 karung lato-lato.

Sebagai informasi, 1 karung lato-lato itu berisi sekitar 500-600 pasang lato-lato. Dengan demikian, Eliana dapat menjual lato-lato hingga 3.000 pasang per harinya.

Untuk nilai nan dijual pun beragam, tergantung dari bahan nan digunakan dan ukurannya. "Kalau di sini nilai grosirnya ada nan kena Rp 48.000, Rp 60.000 selusinnya. Macam-macam, ada nan kena Rp 45.000, Rp 54.000, beda-beda sih," tuturnya.

Untuk nilai jual lato-lato sendiri juga tidak menentu, bisa naik alias turun. Menurut Eliana, nilai lato-lato tergantung dari pabrik tempat dia membeli nan berada di daerah Jawa.

"Yang pastinya kena ongkirnya mahal lantaran kan terhitung kiloan. Itu (lato-lato) mahal juga lantaran terhitung ongkirnya," ujarnya.

Meski demikian, Eliana juga mengaku nilai lato-lato sekarang sudah mulai turun dibanding Desember 2022 kemarin. "Pas Desember kemarin, selusin bisa kena Rp 78.000. Waktu nan pas masuk bulan 12 mulai tinggi (harga) barangnya, tapi nan mau akhir bulan ini malahan turun. Turunnya nggak terlalu jauh tapi lumayan," ungkapnya.

Toko Aliya Accesories milik Eliana merupakan salah satu nan pertama menjual lato-lato di Pasar Asemka hingga terkadang dijuluki sebagai 'pusat lato-lato' oleh pedagang sekitar. Selain menjual lato-lato ke pengecer di Pasar Asemka, Eliana juga menjual lato-lato ke luar kota. Tak hanya menjual lato-lato saja, toko milik Eliana juga menjual beragam aksesoris dan mainan lainnya.

Bersambung ke laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Berita Keuangan Update
Berita Keuangan Update
Atas