'Kode Rahasia' Kehadiran Jokowi di BEI | Drafmedia.com

'Kode Rahasia' Kehadiran Jokowi di BEI | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Menteri Keuangan Sri Mulyani di kegiatan Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2023. (Tangkapan Layar Youtube) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani di kegiatan Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2023. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2023 resmi dibuka kemarin, Senin (2/1/2022). Perdagangan saham perdana di tahun ini resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Ada momen menarik dalam kegiatan tersebut. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan makna dibukanya perdagangan IHSG oleh Jokowi.

Menurutnya, Kehadiran Jokowi adalah simbol bagi semua pihak untuk bekerja keras. Terlebih, kondisi perekonomian tahun ini diprediksi bakal menantang.

"Terimakasih (atas) kehadiran bapak (Jokowi), sebagai sebuah simbol bagi kami semua untuk siap bekerja keras," ujar Sri Mulyani, Senin (2/1/2022).

"Bekerja keras mengawal 2023 dengan arah nan sama, ialah menjadi tahun nan resilient dan tetap optimistis," sambungnya.

Sri Mulyani tak menampik, perlu adanya kewaspaan untuk menghadapi ekonomi tahun ini. Namun, dia dan jajarannya bakal mencoba nan terbaik untuk mengawal perekonomian RI tahun ini.

Kewaspadaan itu juga dengan memandang bahwa tahun 2022 merupakan tahun nan sadis bagi pasar saham global. Pasalnya, kapitalisasi pasar mengalami kerugian hingga US$ 30 triliun.
Kondisi ini, menurut Sri Mulyani, terjadi di beragam bursa negara maju nan mengalami volatilitas sangat brutal.

"Lebih dari Rp 30 triliun kapitalisasi (global) lenyap pada 2022 sehingga penanammodal dunia bukan create value tapi losing value," imbuhnya.

Namun, Indonesia, cukup lebih baik dibandingkan negara lain. Bursa saham Indonesia ditutup dengan resilien. Namun, Sri Mulyani menuturkan bahwa perihal ini menjadi bekal nan cukup untuk menghadapi tahun 2023.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Daripada Menanti BBM Naik, Mending Pilih Saham Calon Cuan Ini


(RCI/dhf)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas