Jangan Kaget, BBM Jenis Ini Sudah Tak Dijual di SPBU per 1 Januari 2023 | Drafmedia.com

Jangan Kaget, BBM Jenis Ini Sudah Tak Dijual di SPBU per 1 Januari 2023 | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Suara.com - Masyarakat tidak perlu kaget dengan perubahan penjualan BBM tahun 2023. Pasalnya, ada beberapa jenis BBM yang mulai tidak dijual di SPBU per 1 Januari 2023, yakni BBM Pertamina Premium dan Vivo Revvo 89.

Hilangnya beberapa jenis BBM imbas dari aturan Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022, di mana BBM kadar oktan di bawah RON 90 dilarang untuk diperjualbelikan.

Premium

Adapun, beberapa jenis BBM yang memiliki kadar oktan di bawah RON 90 yaitu Premium yang kadar oktannya 88. BBM Premium juga resmi dihapus setelah pemerintah mengalihkan BBM khusus Penugasan menjadi Pertalite.

Baca Juga: Banjir Melanda Semarang, Pertamina Salurkan Bantuan Bright Gas dan Sembako ke Posko Utama

Secara tidak langsung BBM Ron 88 atau Premium tidak lagi dijajakan di SPBU-SPBU, karena JBKP diambil alih oleh Pertalite.

"Bahasanya nggak dijual, bahwa pemerintah sudah menyiapkan sesuai dengan kepmen itu sudah merubah penugasan dari gasoline 88 jadi gasoline 90," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting beberapa waktu lalu.

Revvo 89

Tidak hanya Premium, SPBU Vivo juga tidak lagi menjual BBM dengan oktan Ron 89 yaitu Revvo 89. Manajemen PT Vivo Energy Indonesia juga telah menghabiskan persediaan Revvo 89 hingga akhir tahun 2022.

Penghapusan Revvo 89 juga diakibatkan aturan pemerintah di mana BBM beroktan rendah akan dihapus penjualannya hingga akhir tahun.

Baca Juga: Duh! Stok BBM di Karimunjawa Tinggal 300 Liter Dexlite, Ganjar Minta Bantuan ke TNI AL, Kirim Minyak Pakai Kapal Perang

"Pemerintah telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada tanggal 31 Desember 2022. Untuk mematuhi kebijakan Pemerintah, PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," tulis manajemen Vivo.

Selengkapnya
Sumber Berita Terbaru - Trending 2023
Berita Terbaru - Trending 2023
Atas