Intip Berbagai Aksi Korporasi BRI di Sepanjang 2022 | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menorehkan beragam capaian positif sepanjang 2022. Perseroan apalagi telah mengumumkan untuk membagikan dividen interim saham sebesar Rp 8,63 triliun alias senilai Rp 57 per lembar saham.

Namun demikian, selain membagikan dividen interim, BRI juga melakukan beragam tindakan korporasi besar di sepanjang tahun lalu.

Berikut ini beberapa tindakan korporasi BRI di 2022:

1. Buyback Saham BBRI Rp 3 triliun

Saat ini BRI tengah melakukan proses buyback saham dengan nilai maksimal mencapai Rp 3 triliun. Seperti diketahui, pada 1 Maret 2022 melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), BRI telah mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk melaksanakan buyback saham BBRI.

Prosesnya dilaksanakan dalam kurun waktu 18 bulan sejak disetujuinya buyback lewat RUPS, alias pada rentang waktu 1 Maret 2022-31 Agustus 2023. Saham hasil buyback bakal digunakan untuk program kepemilikan saham bagi Insan BRILian (pekerja BRI).

Direktur Keuangan BRI, Viviana, mengatakan ada beberapa perihal nan dicermati terkait tindakan korporasi ini.

"Selain untuk insentif keahlian jangka panjang bagi para pekerja dengan keahlian high performer, kami memandang bahwa nilai saham BBRI tetap undervalued, terlebih jika dibandingkan dengan pencapaian keahlian nan terus meningkat. Hal ini membikin kami terus melakukan buyback saham," kata Viviana dalam keterangan tertulis, Senin (2/1/2023).

2. Terbitkan Green Bond Rp 5 triliun dan Oversubscribed 4,4 Kali

Pada bulan Juni 2022 lalu, perseroan menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I dengan sasaran penghimpunan biaya sebesar Rp 15 triliun, dan jumlah emisi Tahap I di tahun 2022 sebesar Rp 5 triliun.

Penerbitan obligasi ini dilakukan berjenjang selama 3 tahun hingga 2024. Hasil penghimpunan biaya bakal dialokasikan paling sedikit 70% untuk kegiatan upaya alias kegiatan lain nan termasuk dalam kriteria kegiatan upaya berwawasan lingkungan (KUBL) nan baru, sedang berjalan, alias telah selesai sesuai dengan kerangka kerja obligasi.

Atas publikasi obligasi tersebut, BRI mendapatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 4,4 kali. Hal ini pun menjadi bukti bentuk BRI nan bakal terus memperkuat penerapan prinsip ESG dari sisi pendanaan alias liabilitas.

3. Akuisisi Danareksa Investment Management

Pada Rabu, 30 November 2022, BRI dan Danareksa melakukan penandatanganan Akta Jual Beli Saham dalam rangka pembelian saham Danareksa Investment Management (DIM) dari Danareksa dengan jumlah lembar saham sebesar 9 juta lembar alias setara dengan 30% dari total saham DIM. Dengan demikian saat ini kepemilikan BRI pada DIM menjadi 65%.

4. Sebar Dividen Interim Rp 8,63 triliun

Menjelang akhir tahun, pada 30 Desember 2022, BRI mengumumkan untuk membagikan dividen interim saham sebesar Rp 8,63 triliun alias Rp 57 per lembar saham. Dari total nilai tersebut, dividen interim sebesar kurang lebih Rp 4,59 triliun bakal masuk ke kas negara dan selebihnya alias sebesar Rp 4,04 triliun dibagikan kepada penanammodal publik.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Upaya Ciptakan Talenta Unggul Lewat BRILiaN Young Leader


(rah/rah)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas