Hari Pertama 2023 Cuaca Buruk, Waspadai Wilayah-Wilayah Ini

Hari Pertama 2023 Cuaca Buruk, Waspadai Wilayah-Wilayah Ini

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca pada awal tahun 2023. Sebagian daerah DKI Jakarta bakal mengalami potensi hujan nan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan nan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian daerah Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari," tulis keterangan BMKG dalam website resminya, Minggu (1/1).

Hujan deras tidak turun di Jakarta dan sekitarnya pada malam tahun baru 2023 ini. Sebagaimana disampaikan akun resmi BMKG (@infoHumasBMKG), Sabtu (31/12/2022) jelang pergantian tahun, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, perihal itu berkah upaya 'tabur garam' di awan hujan.

Puluhan ton garam ditabur di atas perairan Selat Sunda, berdekatan dengan Gunung Krakatau dengan ketinggian 10 ribu kaki. Awan-awan digugurkan awal agar tidak turun menjadi hujan di permukiman Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sehingga, awan-awan hujan telah sukses terhadang agar tidak turun di daerah Jabodetabek dan Jawa Barat.

"Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebut operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) nan dilakukan guna mencegah cuaca ekstrem dan tingginya intensitas hujan di daerah Jabodetabek dan Jawa Barat berhasil," cuit BMKG.

Operasi TMC merupakan kerjasama BMKG berbareng BRIN, BNPB, TNI AU, Pemprov DKI, Pemprov Jabar, dan Kementerian Perhubungan. TMC ini diterapkan sejak 29 Desember 2022. Sedikitnya 30 ton NaCL alias garam disemai menggunakan dua pesawat Cassa 212 dan CN 295 dari Skadron Udara 4 Lanud Abduulrachman Saleh, Malang.

"Alhamdulillah, operasi TMC nan digelar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di daerah Jabodetabek dan Jawa barat melangkah sesuai rencana dan bisa dikatakan berhasil, sehingga tidak terjadi hujan ekstrem di daerah Jabodetabek pada tanggal 30 Desember nan lalu, lantaran sukses dikurangi intensitasnya," ungkap Dwikorita.

Sementara, peringatan awal cuaca daerah Jabodetabek tanggal 01 Januari 2023 pkl. 07:45 W1B tetap berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat nan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pkl 08:00 WIB.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Simak! Ini Prediksi Cuaca BMKG Saat Tahun Baru 2023


(rob/ayh)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas