Harga STB Mahal Banget, Ternyata Seharusnya Segini! | Drafmedia.com

Harga STB Mahal Banget, Ternyata Seharusnya Segini! | Drafmedia.com

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga set-top-box (STB) dinilai tidak naik di pabrikan. Namun rupanya masalah terjadi saat berada di pihak retail. Kisaran nilai STB harusnya di antara Rp 230 ribu hingga Rp 250 ribu.

Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia menjelaskan setelah berbincang dengan pabrikan tidak ada kenaikan nilai STB. Informasi ini juga terlihat jika membeli langsung di toko resmi.

"Diskusi penyelenggara pabrikan, bahwa mereka tidak meningkatkan nilai set-top-box normal. Kalau beli di official shop itu tidak ada kenaikan," jelas Geryantika dikutip dari kanal Youtube Siaran Digital Indonesia, Rabu (25/1/2023).

Hal serupa juga disebutkan oleh Wakil Ketua Bidang Regulasi Asosiasi Gabel, Joegianto. Dia mengatakan nilai STB rata-rata berada di nomor Rp 230 ribu hingga Rp 250 ribu, dan bisa langsung dilihat ke toko merek setiap perangkat.

"Harga sekarang berada di nilai Rp 230-Rp 250 ribu. Tidak ada kenaikan nan eksponensial oleh brand langsung," kata Joegianto dalam kesempatan nan sama.

Geryantika menjelaskan masalah nilai terjadi di pihak ritail. Setelah program Analog Switch Off (ASO) melangkah dan adanya permintaan STB menjadikan mereka meningkatkan harga.

Dia menyayangkan pihak-pihak nan mencari untung dari masyarakat nan tengah mencari STB tersebut.

"Yang jadi masalah di retail. Ketika ASO itu namanya demand-supply, orang mencari set-top box pasti dinaikkan. Orang lagi berburu set-top-box otomatis cari keuntungan," ungkap Gery.

"Sayang juga retail-retail itu cari untung di atas penderitaan teman-teman nan mencari set-top-box nan semangat".

Pemerintah pun berupaya untuk bisa menjaga nilai STB tetap stabil di toko-toko retail. Dia mengharapkan nilai jual perangkat tidak jauh berbeda antara pabrikan dan retail.

"Kalau di pabrikan Rp 150 [ribu] nan Rp 150. Atau minimal naik 10% lah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Bingung Pindah TV Digital, Bisa ke Posko Kemenkominfo


Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas