Film Terlaris 2022 Yang Dituding Rasis dan Banyak Diboikot

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Penghujung tahun 2022, Film Avatar 2: The Way of Water menjadi salah satu movie tersukses di tahun ini. Meski demikian, movie itu menuai kontroversi dengan sejumlah kritik tajam lantaran dianggap tidak jeli serta rasis.

Sayangnya, movie ini dikritik lantaran memainkan narasi "white saviour" namalain mengagungkan ras kulit putih nan seringkali memerankan karakter penyelamat. Selain itu, Avatar 2 juga dikritik lantaran penggunaan stereotip dan representasi masyarakat budaya nan tidak sesuai.

Yuè Begay, seorang seniman dan aktivis Navajo, menyerukan pemboikotan movie tersebut dalam sebuah tweet nan sejak itu mendapat lebih dari 47.000 likes.

Menurut Presiden dan CEO IlluminNative Crystal Echo-Hawk, karakter Sully nan rasnya tidak disebutkan secara definitif tetapi status orang luarnya jelas sejajar dengan orang kulit putih memainkan kiasan white saviour nan kurang tepat.

"(Cameron) mungkin menceritakan kisah kolonisasi, tapi dia menceritakannya melalui lensa laki-laki kulit putih," tambahnya, dikutip dari CNN Internasional.

Jika saja Avatar 2 melibatkan lebih banyak masyarakat budaya dalam produksi film, Echo-Hawk mengatakan Cameron semestinya dapat menceritakan kisah nan lebih otentik.

"Ini adalah corak arogansi bahwa kreator movie kulit putih, entah bagaimana, bisa menceritakan sebuah cerita nan didasarkan pada masyarakat adat. Dan dia merasa bisa melakukannya lebih baik daripada nan bisa dilakukan oleh masyarakat budaya itu sendiri," tambahnya.

Avatar: The Way of Water memperkenalkan orang-orang Metkayina nan berasal dari terumbu karang kepada masyarakat budaya Māori. Film ini juga menampilkan Cliff Curtis, nan merupakan keturunan Māori, sebagai kepala Metkayina Tonowari. Namun banyak karakter lain nan tetap disuarakan oleh tokoh kulit putih.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Disney Kolaborasi dengan Seniman RI untuk Film Avatar 2


(rob/ayh)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas