Erick Thohir Beri Kode Bangun Lebih Banyak Infrastruktur Kereta Api di Indonesia | Drafmedia.com

Erick Thohir Beri Kode Bangun Lebih Banyak Infrastruktur Kereta Api di Indonesia | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Suara.com - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, kereta api harus menjadi tulang punggung transportasi publik nasional.

"Kereta api harus menjadi backbone (tulang punggung) bagi transportasi publik kita. Kereta api harus kita dorong," ujar Erick Thohir pada Senin (2/1/2022) ini.

Ia lantas membandingkan dengan sejumlah negara seperti Jepang, China, dan Amerika Serikat yang menjadikan kereta api sebagai punggung transportasi publik.

Sehingga, kata dia, Indonesia harus membangun lagi sektor kereta api, beberapa diantaranya melalui proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung dan LRT Jabodebek.

Baca Juga: Diduga Salah Buka Pintu, Penumpang Kereta Api asal Mojokerto Tewas Terjatuh

"Kita akan melakukan studi banding dengan Jepang. Kalau untuk kereta api yang terbaik di Jepang," kata Erick Thohir.

Meski demikian, dia mengatakan pembangunan jalan tol juga tetap dilanjutkan, mengingat pembangunan transportasi publik harus mencakup semua sektor terkait.

Sebelumnya Erick Thohir mengatakan  dalam rangka mengurangi kemacetan, pemerintah berupaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan meningkatkan layanan angkutan massal.

Menurut Erick, pembangunan suatu kawasan permukiman di perkotaan seharusnya dekat dengan fasilitas pelayanan publik, seperti angkutan massal KRL agar semakin mudah diakses.

Saat ini, BUMN sudah membangun empat titik TOD. BUMN terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak swasta untuk meningkatkan fasilitas angkutan massal secara menyeluruh.

Baca Juga: Pengamat Politik Nilai Duet Ganjar-Erick Mirip Jokowi saat Pilpres 2014: Pemimpin Baru Segudang Prestasi

Ia juga sebelumnya telah meresmikan pengoperasian kembali Kereta Api (KA) Wisata Mak Itam di jalur kereta api Sawahlunto - Muaro Kalaban, Sumatera Barat.

Selengkapnya
Sumber Berita Terbaru - Trending 2023
Berita Terbaru - Trending 2023
Atas