Erick Thohir Bakal Hapus Utang dan Ubah Bisnis 3 BUMN Ini | Drafmedia.com

Erick Thohir Bakal Hapus Utang dan Ubah Bisnis 3 BUMN Ini | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Presiden Jokowi melakukan peninjauan pameran produk Defend ID sebelum meluncurkan Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (Defend ID), di Hanggar Fasilitas Kapal Selam PT PAL, Surabaya, 20 April 2022. ( Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi melakukan peninjauan pameran produk Defend ID sebelum meluncurkan Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (Defend ID), di Hanggar Fasilitas Kapal Selam PT PAL, Surabaya, 20 April 2022. ( Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal menyelesaikan restrukturisasi tiga perusahaan BUMN di tahun 2023, ialah restrukturisasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), ID Food, dan Defend ID.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, perihal tersebut mengarah pada pembangunan perjanjian sekaligus ekosistem nan baru sehingga industrinya semakin berkembang. Penyelesaian tersebut tak hanya mengenai finansial semata, namun juga terkait penugasan sekaligus perbaikan upaya model.

"Seperti Waskita Karya nan direstrukturisasi lantaran selain memperbaiki portofolio, juga terkait penugasan untuk pembangunan infrastruktur. Begitu pula di sektor pangan. ID Food mendapat penugasan untuk membeli hasil pertanian, sementara di sisi lain kudu ada produksi banyak dan funding murah, sehingga kita perlu review," ungkapnya di gedung Kementerian BUMN Jakarta, Senin (2/1).

Adapun restrukturisasi Waskita Karya nan telah melangkah sejak dua tahun lalu, pada kuartal III 2021, telah menyelesaikan restrukturisasi senilai Rp 29,2 triliun utang dengan 21 bank. Berkat perihal tersebut, suku kembang pinjaman turun dari 8,75-9% menjadi 5,5% per tahun. Selain itu, jatuh tempo juga diperpanjang hingga 2026.

Kinerja positif WSKT juga didukung pertumbuhan perolehan perjanjian baru. Diinformasikan, hingga Maret 2022, WSKT telah membukukan Nilai Kontrak Baru sebesar Rp 5,68 triliun, meningkat 395,87% year on year (yoy) dibanding periode nan sama tahun lampau sebesar Rp 1,14 triliun.

Sementara itu, restrukturisasi ID Food lebih berfokus pada delapan prioritas utama ketahanan pangan nasional, seperti nan telah ditetapkan pemerintah, memperbaiki finansial personil holding, dan hubungan kemitraan dengan beragam stakeholder, seperti nelayan, petani, dan peternak.

Sedangkan restrukturisasi Defend ID dilakukan untuk memperkuat industri pertahanan. Erick telah membahas perihal itu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD bahwa perlu adanya pembenahan lantaran pasarnya kecil.

"Karena market di industri pertahanan ini kecil, maka kita kudu bangun ekosistem dan rantai pasok. Seperti halnya kenapa Airbus bisa unggul dari Boeing? Karena Airbus membikin pasarnya sendiri. Kita bisa menjadikan perihal itu contoh," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Dapat PNM, Waskita Karya Rights Issue Rp 3,9 T


(rob/ayh)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas