Duit APBN Masuk Kereta Cepat Rp 3,2 T, Proyek Tak Jadi Molor! | Drafmedia.com

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia telah mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 3,2 triliun. Rencananya bakal digunakan untuk penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.


Adapun penerimaan PMN tersebut ditetapkan berasas Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2022 tentang Penambahan PMN RI ke Dalam Modal Saham KAI pada 31 Desember 2022 nan lalu.


VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, PMN nan berasal dari APBN 2022 tersebut bakal meningkatkan kapabilitas KAI dalam rangka menyelesaikan penugasan nan diberikan pemerintah ialah proyek KCJB. KAI bakal memanfaatkan PMN tersebut guna membiayai porsi ekuitas Indonesia atas cost overrun proyek KCJB sehingga pembangunannya dapat mencapai sasaran operasi pada Juni 2023.


"Melalui PMN ini, KAI bakal mengawal pembangunan KCJB agar dapat dinikmati masyarakat sesuai dengan waktu nan telah ditetapkan. Kami berbareng dengan seluruh stakeholder juga terus memperkuat komitmen serta meningkatkan koordinasi demi peningkatan keselamatan pembangunan proyek KCJB," kata Joni dalam Keterangan, Selasa (3/1/2022).


Sesuai Perpres 93 Tahun 2021, KAI ditunjuk sebagai ketua konsorsium BUMN proyek KCJB dan menetapkan bahwa pemerintah dapat memberikan PMN kepada ketua konsorsium BUMN. Sebagai Proyek Strategis Nasional untuk melayani transportasi publik, maka support pemerintah sangat diperlukan untuk penyelesaian kereta sigap pertama di Asia Tenggara.


Penetapan Cost Overrun Proyek KCJB ini juga telah melalui audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga dapat dipertanggungjawabkan. KAI juga memastikan bakal mengelola biaya PMN sesuai Good Corporate Governance (GCG) untuk mewujudkan akuntabilitas pembangunan proyek KCJB nan dapat dipertanggungjawabkan.


Hingga Desember 2022, progres pembangunan bentuk KCJB sudah mencapai 82,61 persen. Adapun progres investasi KCJB mencapai 91,8 persen. KAI berbareng seluruh stakeholder terus mempersiapkan sarana, prasarana, serta sumber daya manusia agar ketika dioperasikan nanti, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung dalam kondisi andal dan prima serta tidak mengalami hambatan nan berarti.


"Hadirnya Kereta Api Cepat Jakarta Bandung tidak hanya menjadi pengganti transportasi baru nan menghubungkan kedua wilayah, tetapi juga berkapak pada peningkatkan kegiatan perekonomian di daerah nan dilalui," kata.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Kereta 'Peluru' Cepat Masuk RI, Ini Perkembangan Terbarunya


(hoi/hoi)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas