Duh! IMF dan Bank Dunia Cs Bawa Kabar Buruk Soal Ekonomi RI | Drafmedia.com

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Situasi ekonomi bumi hingga 2023 digambarkan dengan situasi 'awan gelap' lantaran tingginya ketidakpastian. Namun tetap ada berita baik dari perekonomian Indonesia pada tahun ini. 

Kendati demikian, empat lembaga internasional memproyeksikan pertumbuhan Indonesia tetap cukup positif pada tahun ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 secara tahunan (year on year/yoy) diperkirakan pada rentang 4,7% hingga 5%.

Agar Indonesia mempunyai pertumbuhan nan kuat pada 2023, sejumlah lembaga internasional menyarankan perlu kiranya Indonesia mengelola tantangan eksternal dengan baik, kebijakan nan hati-hati adalah kunci.

Defisit APBN 2023 nan ditargetkan kurang dari 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) alias tepatnya 2,84% dari PDB, setara Rp 598,2 triliun. Mengembalikan defisit anggarannya ke tingkat sebelum krisis.

Hal tersebut dinilai oleh sejumlah lembaga internasional sebagai langkah nan baik, karena defisit anggaran nan lebih mini bakal membantu menjaga inflasi tetap rendah dan posisi utang nan lebih baik.

Artinya, pemerintah mempunyai banyak ruang untuk bisa merespons, jika sewaktu-waktu terjadi kondisi nan memburuk. Juga membangun kredibilitas Indonesia di mata investor, baik nasional dan internasional.

Berikut proyeksi ekonomi Indonesia pada 2023 menurut empat lembaga internasional seperti International Monetary Fund (IMF), World Bank, Asian Development Bank (ADB), dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

IMF Ekonomi Indonesia Tumbuh 5% di 2023

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas