Duh! Begini Ramalan Ekonomi Global Tahun 2023, Berani Baca? | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasca menghadapi beragam tantangan di tahun 2022 akibat perang Rusia-Ukraina Februari 2022 lalu, perekonomian dunia tahun 2023 nyatanya tetap bakal tetap dihadapkan oleh tantangan apalagi ancaman resesi nan tetap menjadi mimpi jelek bagi negara-negara di dunia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya nan diselimuti rasa optimis, tahun ini justru berbalik arah didampingi rasa waspada lantaran ramalan 'gelap' ekonomi dunia ke depan. Hal ini diperkuat dari beragam forecast dari lembaga/institusi mengarah pada satu konklusi ialah 2023 bakal menjadi tahun nan berat.

Lembaga multinasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia hingga lembaga rating bumi seperti Fitch Ratings dan Moody's Analytics ramai-ramai memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia untuk 2023 berkali-kali.

Kendati demikian, Bank Dunia tetap memproyeksikan ekonomi dunia tahun 2023 bakal tumbuh di nomor 3%. Proyeksi ini lebih tinggi jika dibandingkan proyeksi lembaga lain seperti OECD dan IMF.

IMF sudah memangkas proyeksi ekonomi dunia 2023 dari 4,4% pada forecast Januari, 3,2% pada April, dan menjadi 2,7% pada forecast Oktober.

Sementara, Fitch Ratings memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia 2023 dari 1,7% menjadi1,4%. Sementara itu, Moody's memproyeksi ekonomi dunia hanya bakal tumbuh 2,3% pada tahun depan dari 2,7% pada 2022.

Sejumlah aspek diperkirakan bakal membebani pertumbuhan ekonomi dunia mulai dari ketatnya kebijakan moneter di sejumlah negara, perang Rusia-Ukraina, lonjakan inflasi, ancaman resesi, hingga melambatnya perdagangan global.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Jokowi Dapat Bisikan: 28 Negara Kini Antre Jadi Pasien


(aum/aum)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas