BPS Beberkan 6 Momen yang Bikin Inflasi RI Melesat di 2022 | Drafmedia.com

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah momen nan memicu Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi nan melesat naik pada 2022. Inflasi sepanjang tahun ini mencapai 5,51% (year-on-year/yoy).

Dari catatan CNBC Indonesia, laju tahunan ini adalah inflasi tertinggi sejak 2014. Adapun, penyumbang inflasi tertinggi adalah nilai transportasi dan makanan serta minuman.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono memaparkan sejumlah peristiwa krusial nan mempengaruhi inflasi pada 2022 ini. Menurut catatannya, ada enam peristiwa nan mempengaruhi laju inflasi di 2022. Pertama, kelangkaan minyak goreng pada Januari 2022.

"Januari, di sana ada kelangkaan minyak goreng lantaran kenaikan nilai minyak goreng, akibat kebijakan satu nilai minyak goreng," ujarnya dalam konvensi pers, Senin (2/1/2023).

Kedua adalah kenaikan nilai avtur pada April 2022. Kenaikan ini berimplikasi pada kenaikan tarif pikulan udara. Kemudian, ketiga ialah momen Ramadan dan Idul Fitri pada Mei 2022 nan memicu kenaikan nilai pangan.

Keempat, anomali cuaca nan menyebabkan kandas panen untuk tanaman holtikultura. Kelima adalah penyesuaian nilai Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sebesar 30,72%, solar naik 32,04% dan Pertamax nan naik 16%.

Terakhir, kata Margo, adalah momen libur sekolah nan mendorong sisi permintaan untuk pangan dan transportasi. Enam peristiwa ini nan turut mendorong inflasi pada tahun 2022.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Dampak Inflasi Kenaikan Harga BBM Bisa Rendah, Asal...


(haa/haa)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas