BMKG Minta Layanan Kapal Ferry Merak - Bakauheni Waspada Angin Kencang | Drafmedia.com

BMKG Minta Layanan Kapal Ferry Merak - Bakauheni Waspada Angin Kencang | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan penyeberangan Merak - Bakauheni  dilanda angin kencang dengan kecepatan 0,5 -45 km/jam disertai hujan dengan intensitas ringan pada Minggu sore.

"Karena itu pelaku pelayaran diharapkan  waspada untuk menghindari kecelakaan laut," kata Wahyu Argo, petugas Prakirawan Cuaca BMKG di Posko Mobil Cuaca BMKG di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten.

Pelaku pelayaran lintas penyeberangan Merak -Bakauheni  dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan penumpang.

Cuaaca buruk terjadi sejak Sabtu (31/12/2022) lalu, di mana ASDP menutup penyeberangan Merak - Bakauheni pukul 14.40 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Daftar 21 Wilayah di Jawa Barat yang Berpotensi Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang, Berikut Informasinya

Kemungkinan ASDP dapat menutup kembali penyeberangan Merak - Bakauheni jika cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi.
 Selain itu juga pengguna jasa tidak memaksakan kehendak untuk menyeberang jika kondisi cuaca buruk.

"Kami mendukung layanan lintasan penyeberangan Merak- Bakauheni ditutup  sementara demi keselamatan penumpang, bila cuaca buruk terjadi di selat Sunda bagian utara," kata dia.

Ia menyebut, tinggi gelombang di Merak-Bakauheni diperkirakan antara 0,5 - 2,0 meter. Selain itu pada sore hari dilanda hujan dengan intensitas ringan dan tiupan angin dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan 5 - 40 km/jam.

Namun, secara umum diperkirakan berawan dan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan mencapai 5 - 20 km/jam.

Sementara itu, pada siang hari ini hingga menjelang sore hari akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan terdapat potensi peningkatan kecepatan angin mencapai 05 - 45 km/jam.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Minggu 1 Januari 2023, Berikut Penjelasannya

"Kami terus menginformasikan cuaca kepada otoritas Pelabuhan Merak untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan Natal dan tahun baru (nataru) agar selamat sampai tujuan," katanya.

Selengkapnya
Sumber Berita Terbaru - Trending 2023
Berita Terbaru - Trending 2023
Atas