Al Quran Dibakar, IKEA Cs Terancam Diboikot | Drafmedia.com

Al Quran Dibakar, IKEA Cs Terancam Diboikot | Drafmedia.com

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Warga Yaman mengangkat plakat dan salinan Alquran selama protes terhadap pembakaran salinan Alquran oleh seorang politisi Swedia. (dpa/picture alliance via Getty Images) Foto: Warga Yaman mengangkat plakat dan salinan Alquran selama protes terhadap pembakaran salinan Alquran oleh seorang politisi Swedia. (dpa/picture alliance via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Parlemen Kuwait menyerukan agar negara itu memboikot produk-produk asal Swedia. Hal ini merupakan buntut tindakan pembakaran Alquran di ibu kota Swedia, Stockholm, akhir pekan lalu.

Dalam sebuah sesi parlemen, 41 personil parlemen itu mengecam pembakaran kitab suci umat Islam itu nan dilakukan oleh tokoh politik sayap kanan, Rasmus Paludan. Anggota parlemen mengatakan, dalam pernyataan bersama, bahwa praktik ini memprovokasi emosi umat Islam di seluruh dunia.

"Kami juga mengutuk pemerintah Swedia lantaran memberikan izin untuk melakukan tindakan tersebut dan menghimbau semua personil parlemen di bumi untuk memboikot pemerintah Swedia dan semua pemerintah nan tidak menghormati nilai-nilai suci umat Islam," ujar pernyataan berbareng itu dikutip Middle East Monitor, Rabu (25/1/2023).

Pada hari Senin, koperasi di Kuwait juga telah mengumumkan boikot produk Swedia sebagai protes atas tindakan provokatif nan dilakukan Paludan itu. Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Salem Abdullah Al-Jaber Al-Sabah telah mengeluarkan pernyataan untuk mengutuk pembakaran Alquran.

"Melukai sentimen Muslim di seluruh bumi dan menandai provokasi serius", tegasnya.

Sejauh ini, Pemerintah Swedia sendiri telah ikut menyatakan kecamannya atas tindakan Paludan itu. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson mengatakan bahwa perihal itu 'tidak sopan'.

Seperti diketahui, Paludan melakukan tindakan pembakaran Alquran itu di depan Kedutaan Turki di Stockholm. Ini sebagai reaksinya untuk mengkritik Turki, dan Presiden negara itu, Recep Tayyip Erdogan, nan terus menyudutkan posisi Swedia dalam mendaftar masuk ke dalam NATO.

Hal ini menimbulkan gelombang protes di sejumlah negara kebanyakan Muslim. Di sisi lain, dalam akun Twitter resmi, politisi Belanda Edwin Wagensveld membagikan video tindakan provokatifnya nan terjadi di depan gedung parlemen di Den Haag, di mana dia merobek-robek Alquran.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Heboh Alquran Dibakar, Erdogan Ngamuk, Swedia & NATO 'Pusing'


(sef/sef)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas