9 Kematian di Rusia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2022 | Drafmedia.com

9 Kematian di Rusia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2022 | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak perihal nan terjadi sepanjang tahun 2022 di Rusia. Mulai dari serangan mendadak Negeri Beruang Merah ke negara tetangganya, Ukraina, hingga kematian beberapa tokoh publik Kremlin.

Setidaknya ada sembilan kematian paling layak diberitakan dari tahun 2022, termasuk laki-laki dan wanita nan kematiannya merupakan akibat langsung dari pertempuran di Ukraina. Daftar tersebut menampilkan setidaknya satu pembunuhan, dan beberapa kematian nan tetap belum dapat dijelaskan. Berikut daftarnya, mengutip The Moscow Times (2 Januari 2023).

Vladimir Zhirinovsky

Seorang pendiri Partai Demokrat Liberal (LDPR) ultra-nasionalis Rusia, Vladimir Zhirivosky, meninggal dalam usia 75 tahun pada April 2022 setelah jatuh sakit lantaran Covid-19.

Zhirinovsky lahir dalam kemiskinan pascaperang Soviet dan Kazakhstan, dan mendirikan partai politik pertama Uni Soviet, selain Partai Komunis, pada tahun 1989. Menurut beberapa laporan, dia menerima support dari KGB.

Sementara ketenaran LDPR menyebabkan kepanikan di kalangan kaum liberal Rusia pada 1990-an, partai tersebut kemudian jatuh di bawah kendali Kremlin dan menjadi bagian oposisi.

Beberapa bulan sebelum kematiannya, tepatnya pada akhir 2021, Zhirinovsky sempat meramalkan bakal terjadinya serangan ke Ukraina ketika berbincang di parlemen Rusia.

"Ini bukan tahun nan damai. Ini bakal menjadi tahun ketika Rusia sekali lagi menjadi negara nan hebat," kata Zhirinovsky kepada personil parlemen saat itu.

Darya Dugina

Putri dari ideolog sayap kanan Aleksandr Dugin, Darya Dugina, nan berumur 29 tahun tewas pada Agustus 2022 akibat ledakan sebuah peledak nan ditanam di bawah Toyota Land Cruiser miliknya. Peristiwa itu sesaat setelah dia pulang dari pagelaran nasionalis di daerah Moskow.

Pembunuhan wartawan televisi terkemuka ini tetap diselimuti misteri hingga kini. Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Oktober bahwa Kyiv berada di kembali pengeboman mobil tersebut, meskipun tidak mengatakan apakah sasaran nan dimaksud adalah Dugina alias ayahnya, nan semestinya berada di dalam mobil bersamanya pada saat itu.

Pejabat Rusia dengan sigap menuduh Kyiv berada di kembali serangan itu, meskipun Kyiv membantah terlibat. "Dia meninggal untuk rakyat, untuk Rusia," kata Dugin di pemakaman anaknya tersebut.

Yakov Rezantsev

Komandan Tentara Gabungan ke-49 Rusia, Yakov Rezantsev dilaporkan sebagai perwira tertinggi Rusia nan tewas di Ukraina hingga saat ini.

Lahir di desa Elbanka, sebuah pemukiman mini di tepi Sungai Charysh di daerah tenggara Altai Krai Rusia, Rezantsev tewas di dekat pangkalan udara Chernobaivka di daerah Kherson, Ukraina selatan pada bulan Maret.

Setelah dikabarkan bekerja di Suriah, Rezantsev diangkat menjadi Letnan Jenderal pada 2021. Kematian Rezantsev belum dikonfirmasi secara resmi oleh Moskow.

Mikhail Gorbachev

Pemimpin terakhir Uni Soviet, Mihail Gorbachev, meninggal pada 30 Agustus di usia 91 tahun. Dipuji di Barat atas reformasi politiknya, Gorbachev dicemooh oleh banyak orang di Rusia lantaran membawa Uni Soviet menuju keruntuhan.

Beberapa musuh politik Gorbachev juga meninggal tahun ini: termasuk dua penandatangan Perjanjian Belovezh, nan secara efektif membubarkan Uni Soviet, mantan Presiden Ukraina Leonid Kravchuk dan mantan pemimpin Belarusia Stanislav Shushkevich.

Tidak seperti penggantinya, Boris Yeltsin, Gorbachev tidak diberikan pemakaman kenegaraan dan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menghadiri pemakamannya.

Kirill Stremousov

Politisi Ukraina pro-Rusia Kirill Stremousov meninggal dalam kecelakaan mobil pada November 2022. Stremousov, wakil kepala daerah Kherson Ukraina nan dipasang di Moskow, adalah pendukung lantang serangan Rusia ke Ukraina. Ia juga seorang propagandis nan produktif, sering menyebarkan pesan pro-Moskow di banyak saluran media sosialnya.

"Nazi tidak mempunyai kesempatan untuk menerobos ke Kherson," kata Stremousov di saluran Telegramnya pada bulan Oktober, merujuk pada pasukan Ukraina.

Namun, kurang dari sebulan kemudian, pasukan Rusia meninggalkan kota dan tentara Ukraina dengan penuh kemenangan memasuki Kherson. Dua hari sebelum pasukan Rusia terakhir keluar dari Kherson, Stremousov tewas ketika sebuah mobil nan ditumpanginya berbenturan dengan dua kendaraan lain.

Ravil Maganov

Ketua raksasa minyak Rusia LUKoil, Ravil Maganov, meninggal pada September 2022 setelah jatuh dari jendela lantai enam di Rumah Sakit Klinik Pusat Moskow.

Saat itu, LUKoil mengatakan pengusaha kelahiran Tatar itu meninggal lantaran sakit parah, tanpa memberikan informasi lebih lanjut. Namun media pemerintah Rusia melaporkan kematian laki-laki berumur 67 tahun itu sebagai bunuh diri.

Tetapi tiga orang nan dekat dengan Maganov mengatakan pada saat itu mereka percaya sangat tidak mungkin dia bunuh diri, lapor Reuters.

Maganov termasuk di antara sejumlah tokoh pelaksana Rusia terkenal nan meninggal dalam keadaan nan tidak jelas pada tahun 2022, meskipun tidak ada bukti kecurangan nan ditemukan.

LUKoil, perusahaan minyak terbesar kedua Rusia, adalah salah satu dari segelintir perusahaan domestik nan secara terbuka menyerukan diakhirinya serangan ke Ukraina.

Oksana Baulina

Wartawan Rusia Oksana Baulina tewas di Kyiv pada Maret 2022 oleh serangan rudal Rusia saat meliput untuk publikasi media independen The Insider.

Seorang mantan pembantu pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny berumur 42 tahun ini pergi ke Ukraina sebagai reporter tak lama setelah serangan Rusia dimulai. Dia mengirim kiriman dari Lviv dan Kyiv tentang kehancuran nan disebabkan oleh rudal Rusia.

Baulina pergi untuk mendokumentasikan akibat serangan di distrik Podolskiy Kyiv pada 23 Maret dan terbunuh dalam rentetan rudal Rusia lainnya.

Evgeniy Nuzhin

Mantan narapidana Yevgeny Nuzhin (55) meninggal pada November ketika dia dipukul sampai meninggal dalam pembunuhan balas dendam nan dilakukan oleh golongan tentara penghasilan Rusia Wagner.

Nuzhin adalah salah satu dari ribuan tahanan nan dijanjikan pembebasan lebih awal di bawah skema untuk meningkatkan jumlah pasukan Rusia. Ia direkrut empat bulan sebelumnya oleh Wagner untuk bertempur di Ukraina sembari menjalani balasan 24 tahun lantaran pembunuhan di penjara Rusia.

Tak lama setelah dikerahkan, Nuzhin menyerah kepada pasukan Ukraina, menyatakan dalam wawancara pada September saat menjadi tawanan perang bahwa dia selalu beriktikad untuk membelot.

Namun, dia tidak tinggal lama di penangkaran Ukraina dan dikembalikan ke Rusia dalam pertukaran tahanan. Kembali ke tangan Wagner, dia tampaknya dieksekusi, di mana kepalanya berulang kali dipukul dengan palu godam.

Valery Polyakov

Astronaut Soviet pemecah rekor Valery Polyakov meninggal pada 19 September pada usia 81 tahun.

Terkenal lantaran tinggal di stasiun ruang angkasa Mir selama 437 hari, masa tinggal tunggal terlama nan dilakukan oleh manusia mana pun di luar angkasa, Polyakov berkontribusi pada penelitian tentang keahlian tubuh manusia di luar angkasa.

Lahir pada puncak Perang Dunia II di kota Tula Rusia barat, Polyakov mewujudkan mobilitas sosial ke atas nan mungkin terjadi di Uni Soviet pada saat itu. Polyakov melakukan total dua ekspedisi luar angkasa di mana dia menghabiskan total 678 hari dan 16 jam di orbit.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia


(miq/miq)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas