6 Jurus Orang Jepang Bisa Umur Panjang Sampai 100 Tahun

6 Jurus Orang Jepang Bisa Umur Panjang Sampai 100 Tahun

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Berpapasan dengan seseorang nan sudah berumur lebih dari 100 tahun alias biasa dipanggil centenarian merupakan perihal nan lumrah di Jepang. Pasalnya, Negeri Sakura ini memang mempunyai centenarian paling banyak di dunia.

Mayoritas centenarian di Jepang tinggal di Pulau Okinawa, pulau nan sering dijuluki sebagai pulau umur panjang.

Meski sudah di usia senja, orang-orang di Jepang tetap mempunyai tubuh nan sehat, kulit nan kencang, dan kondisi nan prima.

Bahkan, lansia di Pulau Okinawa nan paling tua juga mempunyai tingkat penyakit kanker, diabetes, dan kepikunan nan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan populasi lansia di tempat lainnya.

Ini merupakan kemauan banyak orang, berumur panjang dan mempunyai tubuh nan sehat. Maka tidak jarang banyak nan mempersiapkannya sedari muda.

Untuk itu, mari kita lihat rahasia sehat dan umur panjang orang Jepang. Tips ini dibagikan oleh mahir geriatri Universitas Hawaii dan Direktur Pusat Penelitian Penuaan Penuaan Kuakini, Bradley Willcox, dikutip dari World Economic Forum.

Seorang penduduk mendekati robot humanoid 'Pepper' untuk menepuk kepalanya selama rutinitas latihan sore di rumah perawatan Shin-tomi di Tokyo, Jepang, 2 Februari 2018. REUTERS / Kim Kyung-HoonFoto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Seorang penduduk mendekati robot humanoid 'Pepper' untuk menepuk kepalanya selama rutinitas latihan sore di rumah perawatan Shin-tomi di Tokyo, Jepang, 2 Februari 2018. REUTERS / Kim Kyung-Hoon

1. Berlatih 'hara hachi bu', makan untuk kesehatan dan olahraga

Orang Okinawa percaya bahwa tubuh adalah kuil dan Anda tidak boleh mencemarinya. Karena itu, orang Okinawa sangat menjaga apa nan masuk ke dalam tubuh mereka.

Mereka minum alkohol dalam jumlah sedang dan umumnya tidak merokok. Penduduk Okinawa adalah orang-orang nan sangat aktif. Asupan kalori dengan kegiatan bentuk nyaris seimbang sehingga mereka membakar banyak lemak. Sebagian besar orang Okinawa juga mengonsumsi makanan berbasis nabati nan tidak padat kalori.

Sumber karbohidrat utama mereka adalah ubi jalar, nan mempunyai kandungan glikemik rendah dan mengandung senyawa flavonoid nan dapat membantu kesehatan secara keseluruhan.

Mereka makan lebih dari satu kilogram sayuran dan buah-buahan dan kacang-kacangan dalam sehari. Tidak hanya itu, mereka juga berlatihhara hachi budan hanya makan sampai 80% kenyang.

2. Bersikap positif

Semua centenarian mempunyai sikap positif. Mereka umumnya optimistis, dan mempunyai pendekatan hidup nan riang dan suka bersenang-senang.

Penduduk Okinawa juga mempunyai sesuatu nan disebut 'ikigai', nan dalam bahasa Jepang berfaedah tujuan hidup. Setiap orang mempunyai ikigai masing-masing nan membikin mereka antusias untuk bangun di pagi hari.

Seorang laki-laki berumur 102 tahun menyebut bahwa ikigai-nya adalah dua ekor banteng nan dia rawat setiap hari.

3. Tak pernah pensiun

Tidak ada kata pensiun dalam bahasa Okinawa. Karena tak mengenal istilah pensiun, masyarakat di pulau ini selalu mengerjakan apa nan selalu mereka lakukan. Jika mereka petani, mereka bakal terus pergi ke ladang sampai tak bisa lagi bergerak.

Karena terus beraktifitas, ini membantu mereka mempunyai kepuasan hidup dan mengurangi biaya perawatan kesehatan. Sebab, orang-orang nan tetap aktif secara bentuk dan mental sepanjang hidup mereka rupanya adalah orang-orang nan sehat.

4. Bergabung dengan golongan sosial 'moai'

Okinawa mempunyai family besar dan jaringan support sosial nan kuat. Komunitas mereka sangat erat dan semua orang mengenal satu sama lain.

Mereka mengadakan pertemuan sosial dalam golongan nan disebut 'moai'. Para wanita mengobrol tentang hal-hal ringan, mereka minum teh hijau, dan menikmati hidangan penutup. Pada umumnya, mereka suka berkumpul.

Okinawa mempunyai biaya perawatan kesehatan terendah di seluruh Jepang lantaran penduduknya nan sehat. Ternyata, orang nan menjalin kontak sosial bakal lebih senang dan lebih sehat.

5. Jarang stress

Orang Okinawa mempunyai kepribadian nan tahan stres. Belum lama ini, para peneliti di Hawaii menemukan gen ketahanan stres, nan disebut FOXO3A, nan terkait dengan umur panjang manusia.

Konsep umumnya adalah melindungi Anda dari pengaruh jelek penyakit dan mungkin tekanan lain pada tubuh. Orang Okinawa mempunyai persentase nan lebih tinggi dari gen ini.

6. Menjalankan spiritualitas

Orang Okinawa adalah orang nan sangat spiritual dalam agama. Setiap tahun, mereka mengunjungi makam leluhur dan berbincang dengan mereka seolah-olah mereka tetap di sana.

Penduduk Okinawa mempertahankan hubungan ini dari generasi ke generasi. Mereka mempunyai kepercayaan original mereka sendiri dan percaya bahwa ada daya spiritual dalam segala hal.

Ada rimba keramat di sekitar Okinawa, di mana para wanita datang untuk bersemadi dan bermohon meminta kedamaian dan kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Siapkan Hari Tua, Ini Tarif Panti Jompo & Rusun Khusus Lansia


(dem/dem)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas