4 Makanan Paling Bahaya untuk Kolesterol Menurut Ahli Jantung | Drafmedia.com

4 Makanan Paling Bahaya untuk Kolesterol Menurut Ahli Jantung | Drafmedia.com

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa membikin Anda lebih berisiko terhadap beragam penyakit, terutama penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, penderita kolesterol tinggi disarankan untuk dapat memilah makanan dengan tepat demi kesehatan.

Agar terhindar dari penyakit rawan tersebut, kenali jenis makanan nan diketahui dapat memicu kolesterol tinggi demi kesehatan tubuh nan lebih baik.

Berikut adalah beberapa jenis makanan nan perlu dihindari agar kolesterol tidak melonjak tinggi, menurut mahir jantung Elizabeth Klodas yang juga penulis kitab "Slay the Giant: The Power of Prevention in Defeating Heart Disease.″ 

1. Daging merah

Daging merah dalam corak apapun seperti iga, steak, daging giling sebaiknya dihindari. Anda bisa menggantinya dengan daging tanpa lemak dalam jumlah kecil.

Sebagai tukar untuk mendapatkan protein, Anda bisa beranjak ke daging unggas tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. Perlu diingat, unggas juga mengandung lemak jenuh, jadi menghindari daging merah tidak berfaedah Anda bisa makan ayam secara berlebihan.

Jika Anda mempunyai kolesterol tinggi, pengganti protein tanpa lemak nan lezat lainnya adalah ikan berdaging putih seperti ikan tuna dan kakap.

2. Semua makanan nan digoreng

Berbagai makanan nan digoreng, apalagi digoreng hingga kering, mengandung kolesterol tinggi sehingga kudu dihindari. Makanan nan digoreng mengandung banyak kalori danlemak trans nan meningkatkan akibat penyakit kardiovaskular.

Selain itu, konsumsi goreng-gorengan terlalu sering juga dikaitkan dengan peningkatan akibat penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Alternatif makanan bagi Anda nan suka goreng-gorengan: kentang, kale, alias brokoli nan dipanggang hingga garing. Atau, Anda dapat berinvestasi menggunakan air fryer, nan menggunakan lebih sedikit minyak.

3. Daging olahan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen, yakni zat nan dapat menyebabkan penyakit kanker. 

Daging olahan seperti sosis, bakso, hot dog, salami dan bacon juga mengandung sodium tinggi dan lemak jenuh. Biasanya daging olahan berasal dari potongan daging sapi alias ayam nan berlemak.

4. Makanan nan dipanggang

Biskuit, cake, dan kue kering nan diproduksi secara massal seringkali padat kalori, rendah nutrisi, dan mengandung banyak lemak (terutama lemak jenuh seperti mentega) dan gula. Semua ini adalah penyebab kolesterol tinggi.

Gantilah dengan makanan nan dipanggang di rumah, dan atur jumlah dan jenis lemak dan gula nan Anda gunakan.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ketahui 12 Gejala Kolesterol Tinggi, Jangan Tunggu Parah


(hsy/hsy)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas