4 Langkah Wujudkan Resolusi Tahun Baru, Menurut Ahli Harvard

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kembang api meledak di atas Wat Arun di kuil fajar saat seremoni Tahun Baru, di Bangkok, Thailand, (1/1/2023). (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA) Foto: Kembang api meledak di atas Wat Arun di kuil fajar saat seremoni Tahun Baru, di Bangkok, Thailand, (1/1/2023). (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain berkumpul dengan family dan bermain kembang api, pergantian tahun juga identik dengan pembuatan sejumlah resolusi. Umumnya, deretan resolusi ini bakal diisi dengan perubahan kebiasaan-kebiasaan nan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Namun ternyata, tetap banyak orang nan tidak sukses mewujudkan resolusi lantaran sulitnya mengubah kebiasaan nan telah terjadi bertahun-tahun lamanya. Sebagian orang apalagi menyatakan bahwa mereka telah kandas memenuhi resolusi nan telah dibuatnya di awal tahun.

Ternyata, kejadian 'gagal mewujudkan resolusi' ini terjadi kepada banyak orang. Akhirnya, peneliti Harvard, Lisa Lahey melakukan penelitian untuk mencari sejumlah argumen kenapa kebanyakan resolusi susah dilakukan.

Hasil risetnya menunjukkan bahwa perubahan memang susah dilakukan lantaran manusia condong menolak perubahan. Namun ironinya, manusia malah terlalu sering mengkritik dirinya sendiri ketika gagal.

"Ini seperti orang meminum Kool-Aid, [dan berpikir] 'Jika saya betul-betul beriktikad mewujudkan tujuan ini, dan saya tidak bisa, saya pecundang. Ada nan salah dengan saya,'" katanya.

Cara mewujudkan resolusi tahun baru

Meskipun susah untuk melakukan perubahan, namun dengan penelitiannya selama puluhan tahun, Lahey telah mengembangkan keseluruhan peta jalan tentang langkah mengidentifikasi sekaligus mengatasi hal-hal nan menyulitkan manusia untuk berubah, berikut di antaranya

1. Identifikasi tujuan nan sebenarnya

Kamu perlu mengidentifikasi dengan tajam apa nan menjadi tujuan Anda menginginkan perubahan itu terjadi. Setelah mengetahui tujuan konkretnya, Anda perlu melakukan hal-hal berbeda untuk mencapainya.

2. Cari tahu perilaku nan bertentangan dengan tujuan

Kamu perlu memandang kira-kira selama ini perilaku apa saja nan menghalang Anda untuk berubah. Bahkan mungkin perilaku tersebut dapat bertentangan dengan tujuan kamu. Dengan mengetahui perihal ini, kata Lahey, Anda dapat memandang apa nan menjadi masalah nan sebenarnya dari kegagalan Anda mewujudkan resolusi.

3. Identifikasi bentrok nan tersembunyi

Kamu perlu mengidentifikasi dugaan mendasar nan jauh lebih besar nan selama ini membikin Anda susah berubah. Dengan mengetahui bentrok tersembunyi,kamu bisa mengelolanya ketika hendak melakukan perubahan.

4. Pastikan tiap resolusi saling terhubung satu sama lain

Lahey mengatakan saat dia memandu orang untuk melakukan perubahan dia kerap menjumpai orang nan mempunyai resolusi tidak terkait satu sama lain, apalagi seperti kudu mengorbankan satu untuk memenuhi nan lain. Oleh lantaran itu, dia berpesan krusial untuk memastikan antar resolusi satu dengan resolusi lainnya dapat melangkah beriringan.


[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)

Selengkapnya
Sumber Lifestyle Update 2023
Lifestyle Update 2023
Atas